Mudah Banget, Ini Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Kesehatan, Cukup Lakukan Hal Berikut

Mudah Banget, Ini Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Kesehatan, Cukup Lakukan Hal Berikut

Ilustrasi. Cara mudah mengolah daun sirsak yang baik untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Setelah itu, kamu balurkan daun sirsak pada kulit yang mengalami keluhan, diamkan sebentar hingga kering, lalu ulangi sampai daun sirsak tersebut habis. Jika blender tidak ada, pengolahan daun sirsak dapat juga menggunakan cara ditumbuk atau digerus dengan cobek.

BACA JUGA:Gunakan Sebagai Masker Wajah dan Dapatkan Manfaat Buah Melon untuk Kecantikan Kulit Ini

2. Direbus

Dalam pengolahan daun sirsak dengan direbus, dapat siapkan 10-15 lembar daun sirsak. Lalu cuci bersih terlebih dahulu menggunakan air mengalir.

Panaskan air sejumlah 600 cc (3 gelas) di atas api kecil, kemudian masukkan daun sirsak, dan tunggu sampai menguap dan tersisa air rebusan sebanyak 1 gelas.

Menurut Stefanus dan Darmawan Tri Wibowo, ahli budidaya tanaman sirsak di Taman Wisata Mekarsari, sebaiknya merebus menggunakan kendi atau panci  terbuat dari tanah liat supaya kemurnian zat yang ada dari daun sirsak tetap terjaga.

BACA JUGA:Dapat Meningkatkan Daya Ingat, Cek Manfaat Lain Bawang Putih Mentah di Sini! Baik untuk Kesehatan

Setelah tersisa sampai satu gelas, saringlah air rebusan itu sampai tak ada remah-remah daun sirsak dalam air. 

Minum selagi hangat 3-4 kali sehari secara rutin, saat pagi, siang, sore hingga malam. Metode merebus daun sirsak di atas cocok digunakan sebagai pengobatan penyakit kanker, asam urat, kolesterol hingga diabetes.

3. Dikeringkan

Selain direbus, kamu juga dapat mengolah daun sirsak dengan dikeringkan. Daun sirsak kering punya senyawa yang tetap sama dari daun sirsak biasa sebab terjadinya pengurangan adalah dari  proses pengeringan hanya kadar airnya.

BACA JUGA: 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Efeknya Langsung Terlihat Kurang dari 1 Jam, Kamu Wajib Coba

Jangan lupa untuk selalu cuci daun sirsak terlebih dahulu sampai bersih.  Kamu dapat mengeringkan daun sirsak di bawah sinar matahari. Supaya kandungan senyawa baik yang ada pada daun sirsak tidak rusak, sebaiknya kamu tutupi daun sirsak menggunakan kain hitam. Hal tersebut dilakukan agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Usai daun sirsak kering, kamu dapat merebus daun sirsak itu sebanyak 10-15 daun ke dalam 400 cc air (2 gelas) dengan api kecil. Lalu tunggu sampai menguap dan tersisa satu gelas air. Minum selagi hangat secara rutin agar mendapat manfaat dari daun sirsak dengan optimal.

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Tubuhmu dengan Mengonsumsi Teh Hijau, Cek Manfaat Lainnya Disini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: