dempo

5 Tradisi Unik Menyambut Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia, Nomor 1 Khas Bengkulu Banget

5 Tradisi Unik Menyambut Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia, Nomor 1 Khas Bengkulu Banget

Ilustrasi. 5 Tradisi Unik Menyambut Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Upacara Grebeg Syawal pun dilakukan pada satu hari setelah Idul Fitri. Pihak Karaton akan membuat dua buah gunungan besar yang dinamakan gunungan Estri (bermakna perempuan) dan gunungan Jaler (bermakna laki-laki). Selain dua gunungan makanan, ada juga sesaji lainnya.

Gunungan dan sesaji akan diarak oleh prajurit Karaton menuju Masjid Agung Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Setelah sampai di masjid, gunungan dan sesaji akan didoakan terlebih dahulu.

Baru setelah itu, makanan-makanan akan dibagikan kepada masyarakat. Makna dari tradisi ini adalah ucapan syukur setelah Lebaran tiba dan memohon berkah serta keselamatan untuk warga.

BACA JUGA:Tradisi Pernikahan Paling Aneh Unik di Dunia, Ada yang Menikah Dalam Peti Mati, Prasmanan Toilet

4. Lebaran Ketupat, Jawa

Lebaran Ketupat adalah perayaan setelah melakukan puasa enam hari di awal bulan Syawal. Ini adalah salah satu tradisi terunik, di mana pada hari ke-8 Syawal, masyarakat di Jawa akan merayakannya dengan Lebaran Ketupat.

Saat perayaan biasanya orang-orang akan berkumpul di masjid atau lapangan untuk sama-sama memakan ketupat disertai lauk pauknya seperti opor, rendang, dan lain-lain. Makna Lebaran Ketupat adalah untuk saling memaafkan dan mensucikan diri setelah Hari Raya Idul Fitri.

BACA JUGA:Tradisi Kedewasaan yang Aneh dan Menyakitkan, Para Pria Suku Fulani Nigeria

5. Bakar Ilo Sanggari, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Bakar Ilo Sanggari merupakan tradisi pembuatan lentera sebelum Idul Fitri. Lentera ini terbuat dari bambu yang dililit minyak biji jarak dan dipasang di sekitar rumah.

Masyarakat NTB percaya bila lentera dapat mengundang malaikat dan roh leluhur ke rumah untuk memberikan berkah saat lebaran kepada keluarga di rumah tersebut.

BACA JUGA: Tradisi Suku Bodi Ethiopia, Lelaki Bersaing Punya Perut Buncit Dalam Waktu 6 Bulan

6. Meriam Karbit, Pontianak

Meriam Karbit diselenggarakan pada saat malam takbiran. Warga yang tinggal di sekitar tepi Sungai Kapuas akan membuat meriam karbit untuk merayakan datangnya Idul Fitri.

Itulah beberapa tradisi unik menyambut Lebaran yang hanya ada di Indonesia. Apa tradisi unik menyambut Lebaran di daerah mu? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: