Ini Bacaan Niat hingga Tata Cara Puasa Syawal 6 Hari, Ibadah Sunah yang Dapat Menghapus Dosa, Alhamdulillah!

Ini Bacaan Niat hingga Tata Cara Puasa Syawal 6 Hari, Ibadah Sunah yang Dapat Menghapus Dosa, Alhamdulillah!

Ilustrasi. Bacaan niat hingga tata cara puasa Syawal 6 hari yang perlu diketahui.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Puasa Syawal adalah salah satu amalan sunah yang dapat dikerjalan setiap Muslim setelah menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Amalan ini mulai dapat dikerjakan setelah Hari Raya Idul Fitri.

Bagi kamu yang memiliki utang puasa, hendaknya membayar utang tersebut terlebih dulu. Kemudian melanjutkan ibadah di bulan Syawal dengan meniatkan untuk puasa Syawal.

Sebagaimana namanya puasa Syawal, yang hanya dilakukan pada bulan Syawal dan merupakan ibadah sunah umat Muslim. Lantas ibadah ini dianjurkan bagi setiap Muslim.

Puasa Syawal dapat dikerjakan setelah Idul Fitri. Karena 1 Syawal merupakan Hari Raya Idul Fitri, sehingga diharamkan untuk berpuasa.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Ini 5 Amalan Bulan Syawal yang Wajib Kamu Tahu, Yuk Raih Limpahan Keberkahannya

Melansir laman resmi baznas, Ibadah sunah ini dapat dikerjakan mulai tanggal 2-7 Syawal. Sayyid Sabiq berpendapat dalam Fiqih Sunnah bahwa Imam Ahmad membolehkan untuk melakukan puasa Syawal secara berurutan, boleh juga tidak.

Bacaan niat puasa Syawal

Sama seperti ibadah lainnya, baik sunah maupun wajib tentu perlu untuk melafaskan niat. Berikut ini niat bacaan puasa syawal dalam bahasa latin beserta artinya.

Nawaitu shouma ghodin 'an sittatin min syawwaalinn sunnatan lillaahi ta'aalaa 

Artinya: "Aku berniat puasa besok dari enam hari Syawal, sunah karena Allah Ta'ala". 

BACA JUGA:Ingin Ibadah Puasa Lancar? Terapkan Pola Makan Sehat saat Berpuasa Ini Agar Tubuh Terhindar dari Penyakit

Perlu diketahui, bahwa bacaan niat puasa Syawal tersebut dapat dilakukan di waktu pagi hari hingga datang waktu zuhur, selama belum membatalkan puasanya, misal makan dan minum.

Di sisi lain, Terdapat Kitab Tuhfatul Muntaj fi Syarhil Minhaj, yang kemudian disampaikan bahwa tetap mendapat keutamaan serupa terhadap orang yang menjalankan puasa sunah di Bulan Syawal. Meskipun dilakukannya tak sampai enam hari pertama maupun tidak dijalankan berurutan.

BACA JUGA:Siap-siap! Ini Doa hingga Amalan yang Dapat Dilakukan di Malam Lailatul Qadar, Yuk Perbanyak Ibadah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: