Bukan Hanya Tidur Aja, Ini 7 Jenis Kebutuhan Istirahat dalam Hidup, Kamu Wajib Tahu!

Bukan Hanya Tidur Aja, Ini 7 Jenis Kebutuhan Istirahat dalam Hidup, Kamu Wajib Tahu!

Ilustrasi. Jenis istirahat yang menjadi kebutuhan hidup, ternyata bukan hanya tidur saja.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Umumnya istirahat yang paling sering dikeluhkan adalah fisik dan mental. Namun ternyata ada beberapa jenis istirahat lainnya yang menjadi kebutuhan dalam hidup. Sebagaimana fisik atau istirahat yang dimaksud adalah tidur, kerap kali banyak dari kita mengeluhkan kondisi gangguan tidur yang tidak stabil.

Hanya saja, setiap kita tentu memiliki porsinya masing-masing dalam menyikapi hal ini. Baik fisik maupun mental yang ternyata sangat membutuhkan waktu untuk sejenak beristirahat.

BACA JUGA:Ini Ciri-ciri dan Tanda Kamu Miliki Mental Sehat, Salah Satunya Belajar dari Pengalaman

Kebutuhan untuk istirahat sangat diperlukan, hal ini supaya tubuh bisa kembali berenergi dan bisa melakukan berbagai aktivitas dikemudian hari. Sehingga baik tidur maupun kondisi mental tentu harus dalam kondisi yang dapat beristirahat. Nah, seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa ada beberapa jenis istirahat yang sangat diperlukan dalam hidup.

Dikutip dari berbagai sumber, terdapat 7 jenis istirahat yang sangat kamu butuhkan untuk tetap menjaga kesehatan dan kestabilan diri.

BACA JUGA:Ikuti Langkah Ini! 4 Cara Mudah Memaafkan Diri Sendiri, Salah Satunya Berpikir Positif

1. Istirahat mental

Istirahat mental mempengaruhi pikiran yang mananggung beban dalam otak, hal ini menampung banyak persoalan. Bicara soal mental, ini tidak terlepas dari kondisi pikiran setiap orang.

Sehingga ketika situasi dalam otak kita sedang kacau atau penuh, tak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut membuat seseorang tidak dapat berkonsentrasi. Jika hendak memulihkan pikiran terutama saat merasa kesulitan berkonsentrasi dapat melakukan hal ini:

- Kamu dapat mendengarkan music ataupun menonton film.

- Dengan journaling dapat mengungkapkan rasa syukur atas sebuah pencapaian-pencapaian kecil, bahkan kegundahan hati secara tertulis.

BACA JUGA:Kamu Wajib Tahu! Ini 5 Cara Mudah Atasi Trust Issue, Cukup Percaya pada Diri Sendiri

- Dapat membatasi penggunaan gadget yang menyita banyak energi.

Istirahat mental dapat dilakukan dengan: mengambil jeda sejenak, jalan-jalan di alam, mendengarkan musik tenang ataupun bermain dengan hewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: