Ternyata Inilah Asal Usul Bendera KKB Papua yang Dikenal dengan Nama Bintang Kejora, Apa Makna Dibaliknya?

Ternyata Inilah Asal Usul Bendera KKB Papua yang Dikenal dengan Nama Bintang Kejora, Apa Makna Dibaliknya?

Ternyata inilah asal usul bendera kkb papua yang dikenal dengan nama bintang kejora, apa makna dibaliknya?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BACA JUGA:Masih Buron, Inilah Perbedaan KKB Papua dan OPM yang Menjadi Pelaku Aksi Separatis Negara

Pada saat itu, Papua yang masih memiliki nama Netherlands New Guinea diberi janji kemerdekaan oleh pihak Belanda dan membantu pihaknya untuk menyiapkan segala macam persiapan untuk kemerdekaan Papua. 

Oleh sebab itu, pada awalnya bendera ini sempat didesain ulang menyerupai bendera Belanda dengan warna merah putih biru dan dilengkapi dengan simbol bintang di pinggir atas garis merah

BACA JUGA:Mengenal KKB Papua yang Tengah Memanas, Apa Tujuannya? Pelajari Informasinya di Sini

Namun rupanya pihak Belanda ini tidak memenuhi janjinya dan tetap mempertahankan Papua dalam pemerintahan mereka lantaran janji yang dibuat hanyalah pemanis agar masyarakat Papua tidak berpihak ke Indonesia. 

Namun pada akhirnya, Papua masuk ke dalam NKRI lewat keputusan PPB meski sementara hingga akhirnya bergabung secara resmi ke Indonesia lewat sidang penentuan pendapat rakyat (PEPERA). 

BACA JUGA:Sudah Tahu? 4 Alasan Kenapa KKB Papua Sulit Diberantas, Ternyata Karena Hal Ini

Setelah itu, bentuk bendera Bintang Kejora ini akhirnya berubah seperti yang kita kenal saart ini dengan 13 garis putih biru dengan bintang kejora di atas garis berwarna merah. 

Makna Bendera Bintang Kejora

Sebagai masyarakat yang begitu akrab dengan nilai tradisional serta leluhur, makna bendera Bintang Kejora ini juga tidak lepas dari mitos seorang pria asal Biak yang memiliki nama Manarmakeri. 

BACA JUGA:Haru Iringi Pemakaman Pratu M. Fadli yang Gugur Diserang KKB Papua

Manarmakeri dalam mitos tersebut mendapatkan penglihatan akan sebuah desa yang tenang dan diberkati sehingga desa tersebut hidup dengan damai yang dikenal dengan nama Koreri, yaitu sebuah kunci rahasia untuk mendapatkan kehidupan bahagia yang abadi. 

Namun Manarmakeri akhirnya sadar jika kehidupan yang masyarakat desanya jalani jauh dari kehidupan bahagia, beberapa dari mereka melakukan dosa hingga tidak berbahagia.

BACA JUGA:Markas KKB Sudah Diketahui, Upaya Penyelamatan Pilot Susi Air Tidak Dengan Perang, Ternyata Ini Pertimbanganya

Oleh sebab itu, Manarmakeri sadar jika Koreri merupakan satu-satunya jalan untuk memperoleh kehidupan penuh kebahagiaan sehingga dia akhirnya mengembara ke wilayah barat setelah berjanji akan membawa kebahagiaan dan kedamaian yang abadi pada masyarakat Desanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: