Inilah 5 Cara Menurunkan Berat Badan untuk Wanita, Dapatkan Tubuh Sehat dan Ideal dari Sekarang

Inilah 5 Cara Menurunkan Berat Badan untuk Wanita, Dapatkan Tubuh Sehat dan Ideal dari Sekarang

Inilah 5 cara menurunkan berat badan untuk wanita, dapatkan tubuh sehat dan ideal dari sekarang--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Dalam proses diet, sebaiknya hindari metode 'menyiksa diri sendiri' dengan tidak makan apapun karena tubuh tetap memerlukan nustrisi yang lengkap untuk memenuhi asupan harian. 

BACA JUGA:Punya Masalah Berat Badan? Berikut 5 Tips Turunkan Kolesterol yang Bersarang di Tubuh, Cepat dan Efektif

Meski sedang diet, tubuh tetap memerlukan asupan kalori harian seperti karbohidrat. Tubuh juga memerlukan protein, vitamin, mineral dan beragam kebutuhan lainnya. 

Dan untuk menyiasatinya, kamu perlu menjaga pola makan sesuai dengan jumlah kebutuhan kalori yang diperlukan oleh tubuh. Kebutuhan kalori ini berbeda dan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tinggi dan berat badan, usia, hingga tingkat keaktifan seseorang. 

BACA JUGA:5 Minuman Detoks yang Dapat Turunkan Lemak dan Berat Badan, Cocok Dikonsumsi Setelah Lebaran

Biasanya wanita memerlukan energi yang lebih sedikit daripada pria lantaran massa otot dan tubuhnya juga cenderung lebih kecil.

Mengutip laman sehataqua.com, Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Pedoman Angka Kecukupan Gizi, kebutuhan kalori secara tubuh wanita secara umum adalah:

BACA JUGA:Berat Badan Naik Usai Lebaran? Ini 5 Tips Diet Praktis yang Dapat Rontokkan Lemak Secara Cepat

  • Usia 19 - 29 tahun: 2250 kkal
  • Usia 30 - 49 tahun: 2150 kkal
  • Usia 50 - 64 tahun: 1800 kkal
  • Usia 65 - 80 tahun: 1550 kkal
  • Usia di atas 80 tahun: 1400 kkal

Kebutuhan kalori di atas hanyalah sebagai acuan, kamu tetap perlu memeriksa keburuhan kalori sendiri untuk mengetahui jumlah yang tepat.

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini 5 Manfaat dan Kandungan Santan untuk Kesehatan, Dipercaya Dapat Menurunkan Berat Badan

2. Jaga Porsi Makan

Setelah mengetahui kebutuhan kalori, yang selanjutnya dapat dilakukan adalh menjaga porsi makan. Hal ini penting untuk keberhasilan diet. 

Sebaiknya batasi porsi makan secukupnya dan jangan berlebihan. Konsumsi lebih banyak makanan tinggi serat serta pilih karbohidrat kompleks untuk membuat kamu kenyang lebih lama. 

BACA JUGA:Efektif Menurunkan Kolesterol dan Berat Badan, Ini 7 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Contoh makanan tinggi serat yang bisa kamu pilih adalah sayuran hijau, kacang merah, buah apel, dan lain sebagainya. Sementara makanan karbohidrat kompleks seperti ubi jalar, beras merah, kentang, pisang, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: