Cek di Sini! 4 Manfaat Biji Salak untuk Kesehatan, Dipercaya Bisa Mengatasi Asam Urat

Cek di Sini! 4 Manfaat Biji Salak untuk Kesehatan, Dipercaya Bisa Mengatasi Asam Urat

Ilustrasi. Ini manfaat biji salak untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat mengatasi asam urat.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Bukan hanya buahnya, diketahui biji salak juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya dipercaya dapat mengatasi asam urat.

Buah salak denga nama latin Salacca zalacca ini termasuk famili Palmae atau jenis tumbuhan Arecaceae asli Indonesia yang dapat ditemukan di Malaysia.

Salak sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan tidak sedikit orang menyukai buah satu ini. Lalu apa saja manfaat biji salak? Simak ulasan di sini.

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Salak bagi Kesehatan, Dipercaya Ampuh Mencegah Sembelit hingga Mengatasi Penyakit Kanker

Berbeda dengan daging salak berwarna putih, biji salak memiliki warna kecokelatan dengan bentuk bulat tidak sempurna. Tidak jarang orang memanfaatkan bijinya untuk olahan yang dapat dikonsumsi.

Selain itu juga, tidak sedikit masyarakat Indonesia khususnya menjadikan salak punyak nilai jual dan dapat dinikmati siapa saja. Dengan perpaduan rasa manis dan sedikit sepat, banyak dari mereka menyukai buahnya.

BACA JUGA:Buah Salak Baik Dikonsumsi untuk Ibu Hamil, Ini 7 Manfaat dan Kandungannya, Dipercaya Ampuh Menurunkan Anemia

Biji salak juga memiliki nutrisi yang sehat untuk tubuh seperti kandungan serat, karbohidrat, vitamin, mineral, hingga senyawa antioksidan. Tidak hanya itu, biji ini diyakini dapat menjaga fungsi otak hingga mencegah radikal bebas.

Buah bersisik ini memiliki biji berwarna cokelat dan ternyata bisa diolah menjadi bubuk kopi dengan cita rasa yang unik. Minuman tersebut juga sudah banyak dijual di pasaran, sehingga sebagian orang sudah mengenal kopi dari biji salak ini.

BACA JUGA: Minyak Kemiri Tawarkan 10 Manfaat Kesehatan dan Kecantikan, Salah Satunya Kurangi Garis Halus, Ini yang Lain

Dilansir dari laman Gramedia, berikut ini beberapa manfaat dari biji salak untuk kesehatan.

1. Dapat mengatasi asam urat

Biji salak diketahui dapat mengatasi asam urat, dengan bantuan dari anti bakteri yang berperan dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena adanya penyakit asam urat.

Hal inilah kenapa efek dari anti-bakteri tersebut bisa membantu menghilangkan tumbuhnya bakteri dan membunuh bakteri yang merusak. Efek dari anti-bakteri dalam biji salak diketahui mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, salisilat, dan tanin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: