Dapat Menghindari Penyakit Hati, Ini Pentingnya Bersyukur Kepada Allah SWT, Kamu Perlu Lakukan Hal Berikut!

Dapat Menghindari Penyakit Hati, Ini Pentingnya Bersyukur Kepada Allah SWT, Kamu Perlu Lakukan Hal Berikut!

Ilustrasi. Dapat menghindari penyakit hati, ini pentingnya bersyukur kepada Allah SWT.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

3. Mengingat ketaqwaan

Tidak hanya lewat hati dan lisan saja rasa syukur itu datang, melainkan juga dilakukan sesuai dengan perbuatan yang dilakukan. Menjalankan segala perintah dan menjauhkan semua larangan-Nya.

Misalnya dengan menjalankan salat lima waktu, melaksanakan zakat fitrah, membaca Al-Qur'an, berpuasa di bulan Ramadhan. Kemudian, menjauhi perbuatan buruk yang tercela misalnya mengonsumsi khamar, berzina, berjudi, mencuri, dan perbuatan buruk lainnya. Oleh sebab itu perlu untuk menjaga ketaqwaan dalam beribadah dan hal lainnya.

4. Beryukur dengan anggota tubuh

Selanjutnya ada cara untuk mensyukuri dengan anggota tubuh, maksudnya kita menggunakan anggota tubuh yang dimiliki untuk melakukan perbuatan baik. Sebagaimana anggota tubuh dapat bekerja sesuai apa yang kita inginkan, setidaknya mensyukuri hal tersebut karena masih dapat menikmati segala sesuatunya dan berbuat kebaikan.

Tentu saja, anggota tubuh yang lengkap adalah suatu nikmat yang luar biasa, sehingga seharusnya dapat memanfaatkan untuk hal-hal yang baik serta dapat menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangannya.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Ini 5 Amalan Bulan Syawal yang Wajib Kamu Tahu, Yuk Raih Limpahan Keberkahannya

5. Mengungkapkan kalimat-kalimat pujian untuk Allah

Rasa syukur ini hendaknya juga diucapkan secara lisan, sambil melafalkan pujian-pujian kepada Allah. Hal ini akan membuat diri kita semakin dicintai oleh-Nya.

Dengan memperbanyak dzikir, seperti Subhanallah, Alhamdulillah, la illaaha illallah, Allahu Akbar, Subhanallah wa bihamdihi. Rasulullah bersabda, "Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai (oleh) Allah Yang Maha Pengasih, yaitu kalimat "Subhanallah wa bihamdihi subhanallahil'Adzim". (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Beramal kepada orang yang membutuhkan

Allah SWT berfirman: "Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur)." (QS. Adh-Duha:11)

BACA JUGA:Ada 5 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi, Amalan Ini Diabadikan dalam Al Quran, Yuk Baca!

Dengan berbagi sesama manusia kita sudah mensyukuri nikmat yang diberikan, kemudian memberi kepada orang lain adalah kebaikan. Tidak hanya itu, kegiatan ini dilakukan sebab kita berbagi kebahagiaan kepada orang lain, sebagai tanda syukur atas karunia-Nya.

7. Mengadakan acara syukuran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: