Kurangi Angka Kecelakaan, Dishub Segera Pasang Lampu Merah di Simpang Betungan dan Bumi Ayu

Kurangi Angka Kecelakaan, Dishub Segera Pasang Lampu Merah di Simpang Betungan dan Bumi Ayu

Pemasangan lampu merah di simpang Bentungan dan Bumi Ayu guna mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di wilayah tersebut.--(Sumber Foto: CW/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS – Usulan Dinas Perhubungan Kota BENGKULU ke Kementerian Perhubungan untuk pemasangan traffic light atau lampu merah di 2 titik, yakni simpang Betungan dan Bumi Ayu akhirnya disetujui.

Pemasangan lampu merah di kedua tempat tersebut akan dilakukan pada tahun 2024 ini, guna mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Meriani Kembali Ambil Formulir Calon Gubernur Bengkulu, ke Partai Nasdem dan Hanura

Hal ini diketahui usai Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mengikuti rapat bersama pihak Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas III Bengkulu terkait rencana pemasangan traffic light di 2 titik persimpangan dalam Kota Bengkulu, yakni simpang empat Betungan dan simpang tiga Bumi Ayu.

BACA JUGA:Peringati Hari Bumi, DLHK Provinsi Bengkulu Tanam 1.000 Bibit Mangrove

"Di dalam kota, kita ada pemasangan APILL (Alat Petunjuk Isyarat Lalu Lintas) atau traffic light di ruas perkotaan yaitu di simpang Bumi Ayu dan simpang Betungan. Seperti di simpang tiga Bumi Ayu itu, dipandang perlu dipasang APILL karena kemarin terjadi kecelakan dan kasus tabrak lari. Pihak kepolisian kemarin juga sudah bersurat ke kita untuk dipasang APILL," ucap Edi Sunyoto Ketua Pokja LLJSDP Balai Pengelola Transportasi Darat.

BACA JUGA:Kucurkan Anggaran Rp18,6 triliun, JTTS Tahap 1 Dituntaskan, Ruas Bengkulu-Lubuklinggau Masuk di Dalamnya

Kemudian untuk simpang Empat Betungan, menurutnya, pemasangan lalu lintas dilakukan mengingat padatnya lalu lintas di wilayah tersebut. 

"Memang simpang Empat Betungan dipandang perlu adanya traffic light, mengingat simpang itu merupakan jalan nasional dan salah satu gerbang masuk ke Kota Bengkulu," ujar Hendri Kurniawan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu, Kamis 25 April 2024.

BACA JUGA:Erwin Octavian Ambil Formulir Pendaftaran Bakal Calon Bupati Seluma di Partai Gelora

Sementara untuk rekayasa pemasangan APILL, lanjut Edi, dalam waktu dekat pihaknya akan turun ke lapangan untuk melihat apakah perlu dibuat median jalan atau tidak. Sekaligus penentuan titik penempatan tiang traffic light. 

"Kita baru bisa mengakomodir di 2 titik itu, simpang empat Betungan dan simpang tiga Bumi Ayu," tambah Edi Suyanto kepada BETVNEWS. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: