Ratusan Hektar Sawah Gagal Panen di Lebong, Pemprov Bengkulu Bakal Cari Stimulan

Ratusan Hektar Sawah Gagal Panen di Lebong, Pemprov Bengkulu Bakal Cari Stimulan

Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, M. Rizon. --(Sumber Foto: Abdu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Ratusan hektar lahan persawahan di Kabupaten Lebong, Bengkulu, yang rusak akibat dilanda banjir bandang beberapa waktu lalu, akan diberi stimulan oleh Pemerintah sebagai upaya penanggulangan. 

Kepala Dinas Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu , M. Rizon mengatakan , dari pendataan yang pihaknya lakukan, kurang lebih terdapat kisaran 300 hektar lebih lahan pertanian masyarakat, yang tersebar di 14 desa yang mengalami kerusakan dan menyebabkan kerugian bagi para petani. 

"Dari data kita ada 300 hektare lebih lahan yang terendam dan itu sudah siap panen. Namun karena musibah mereka gagal panen," kata M. Rizon, Jumat 26 April 2024. 

BACA JUGA:Indeks Demokrasi di Bengkulu Terus Meningkat Capai Angka 73,23 Persen

Mengikapi hal itu, pihak Dinas TPHP memastikan akan mengusulkan bantuan ke pemerintah pusat untuk para petani sebagai bentuk stimulan. Terlebih lahan persawahan yang terdampak banjir  juga merupakan lahan siap panen .

"Maka kami akan berkoordinasi melakukan pendataan. Tentu nanti kita akan memberikan semacam stimulan apa yang bisa kita berikan kepada petani" Tambahnya. 

BACA JUGA:Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Gelar Pertemuan Untuk Percepatan Penertiban STDB

Untuk stimulan sendiri, pihak TPHP akan mengupayakan agar para petani yang mengalami gagal panen, dapat memperoleh sejenis bantuan pengganti bibit. 

"Termasuk nanti kita akan mendatangi dan menyampaikan kepada pihak kementerian bagaimana untuk kita bantu penggantian bibit," tutupnya.

(Abdu)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: