Dimainkan Dua Orang, Ternyata Bermain Catur Gampang Banget! Pemula Harus Tahu Cara Ini, Cek Aturan Dasarnya

Dimainkan Dua Orang, Ternyata Bermain Catur Gampang Banget! Pemula Harus Tahu Cara Ini, Cek Aturan Dasarnya

Ilustrasi. Cek cara dan aturan dasar bermain catur untuk pemula ini, olahraga otak yang gampang dimainkan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Ada beragam permainan yang dapat membuat seseorang ketagihan dan ingin terus bermain. Salah satunya yakni bermain catur, hanya perlu dua orang untuk bisa memainkannya.

Catur merupakan salah satu olahraga otak, yang mana membutuhkan kecerdasan serta daya pikir tajam. Sehingga sebagai pemula akan sedikit merasa kebingungan, ditambah lagi peraturannya banyak.

Termasuk jenis olahraga tapi bukan menggunakan fisik melainkan kemahiran berpikir. Olahraga otak ini tentunya akan sangat mudah dimainkan jika mengetahui cara bermain dan beberapa aturan dasar.

BACA JUGA:5 Manfaat Olahraga Otak dengan Catur, Bisa Dimainkan Siapa Saja

Bagi kamu yang masih pemula dan sangat ingin mencoba permainan ini, dapat mengetahui beberapa hal penting berikut. Simak ulasan lengkapnya di sini.

Tidak heran jika permainan catur ini cukup digemari banyak orang. Bahkan dapat menjadi pilihan kamu untuk mengisi waktu luang yang ada.

Seiring perkembangan zaman, kini catur pun menjadi cabang olahraga, sering diadakan sebagai perlombaan berbagai kelas nasional sampai dunia.

Meskipun terlihat sederhana dan mudah, hanya saja permainan catur tersebut tidaklah begitu gampang, sebab dibutuhkan konsentrasi setiap pemainnya. Tak hanya itu, tiap pemain juga harus ada strategi untuk mencapai finish dan dapat mengalahkan bidak lawan.

BACA JUGA:Kecil-kecil Cabe Rawit! Atlet Catur Termuda Asal Bengkulu Raih 2 Emas di Porwil Sumatera XI

Dikutip dari berbagai sumber, sebelum mengetahui cara bermain, berikut ini ada beberapa aturan dasar dari bidak-bidak catur berdasarkan nama.

1. Raja (King) 

Raja adalah bidak catur tertinggi yang dapat bergerak kemana pun baik ke arah depan-belakng, kanan-kiri, diagonal-vertikal serta juga hitam-putih. Hanya saja, raja dapat bergerak satu langkah saja, selebihnya tidak bisa. 

2. Ratu (Queen) atau Menteri 

Selain raja tentu juga ada ratu, queen dapat bergerak secara bebas ke mana pun baik maju, mundur, ke samping, maupun dengan diagonal sejauh mungkin selama tak melalui buahnya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: