5 Manfaat Olahraga Otak dengan Catur, Bisa Dimainkan Siapa Saja

5 Manfaat Olahraga Otak dengan Catur, Bisa Dimainkan Siapa Saja

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Permainan catur termasuk dalam olahraga otak, selain itu siapa saja dapat bermain dan tentunya disesuaikan dengan ketentuan yang sudah ada. 

Diketahui permainan catur dimainkan dengan dua orang, menggunakan sebuah papan persegi berisi 64 kotak dan 32 buah catur yang dibagi sama rata, serta tersedia dua warna yaitu hitam dan putih.

BACA JUGA:Cek di Sini! Pelangi di Langit Usai Hujan Turun, Lalui 3 Proses Pembentukan

Dalam berolahraga, tidak hanya fisik saja tentu otak manusia sangat perlu dilatih. Olahraga otak sangat populer dan saat ini masih sering dimainkan oleh beberapa orang adalah catur.

Dua hal ini sangat penting dalam bermain catur yaitu strategi dan kecermatan, sehingga dalam proses permainannya kamu akan temukan ada beberapa manfaat ketika melakukan permainan tersebut.

BACA JUGA:6 Manfaat Kafein bagi Kesehatan, Tak hanya Penghilang Kantuk

Berikut ini beberapa manfaat dalam bermain catur, yang perlu diketahui khususnya bagi seseorang yang gemar main catur, dikutip dari laman halodoc.com, yakni:

1. Sebagai olahraga otak

Dengan rajin melakukan permainan catur bisa membantu dalam olahraga otak. Selain itu juga dapat mencegah serangan penyakit demensia di hari tua. 

BACA JUGA:RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu Terakreditasi Paripurna

Sebagaimana demensia adalah suatu sindrom yang berkenaan dengan turunnya kemampuan serta fungsi otak seseorang. 

Sehingga, bagi seseorang yang menderita demensia dapat menjadi sebab mengalami penurunan daya ingat, kurangnya kemampuan bicara, hingga gangguan kemampuan motorik.

Tak hanya catur, olahraga otak lainnya juga dapat menurunkan risiko demensia yaitu dengan membaca buku maupun mengisi teka-teki silang.

2. Turunnya risiko pikun di usia tua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: