Jangan Berlebihan! Ini 5 Dampak Kelebihan Vitamin C bagi Tubuh, Salah Satunya Memicu Batu Ginjal

Jangan Berlebihan! Ini 5 Dampak Kelebihan Vitamin C bagi Tubuh, Salah Satunya Memicu Batu Ginjal

Jangan berlebihan! Ini 5 dampak kelebihan vitamin C bagi tubuh, salah satunya memicu batu ginjal--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Dampak Kelebihan Vitamin C bagi Tubuh

1. Meningkatkan Resiko Batu Ginjal

Dampak pertama yang dapat terjadi jika tubuh kelebihan vitamin C adalah dapat meningkatkan resiko munculnya batu ginjal pada tubuh. Hal ini terjadi akibat kelebihan asupan vitamin C yang terjadi. 

Jika tubuh kelebihan vitamin c, maka oksalat dapat terikat sehingga akhirnya dapat membentu kristal yang akan menjadi batu ginjal. Oleh sebab itu, hal ini perlu diwaspadai. 

BACA JUGA:Kaya Vitamin C, Berikut Manfaat Jeruk untuk Kesehatan, Bikin Kulit Sehat hingga Cegah Anemia, Cek Kandungannya

2. Diare

Dampak selanjutnya yang akan terjadi jika tubuh kelebihan vitamin c adalah kemungkinan munculnya diare lantaran hal ini berhubungan dengan asam lambung. 

Vitamin C ini memang berpengaruh terhadap asam lambung sehingga kamu perlu memperhatikan soal dosis dari vitamin C ini lantaran dosis berlebih dapat menyebabkan diare atau mual pada tubuh. 

BACA JUGA:5 Resep Jus Jeruk Ini Perlu Dicoba, Kaya Vitamin C dan Menyegarkan, Simple Tambah Nikmat Campur Kurma

3. Osteofit

Dampak lain yang akan terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsi vitamin C ini adalah osteofit atau tonjolan yang terjadi pada ujung tulang dan biasanya mengakibatkan nyeri pada sendi. 

Oleh sebab itu, meski vitamin C ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Kamu tetap perlu memperhatikan dosisnya agar tidak sampai berlebihan bagi tubuh. 

BACA JUGA:Kaya Akan Vitamin C dan Nutrisi Baik, Inilah Sederet Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

4. Ketidakseimbangan Nutrisi

Kelebihan vitamin C di dalam tubuh juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi yang perlu diwaspadai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: