BMKG Ingatkan 6 Daerah di Bengkulu Siaga Bencana Hidrometeorologi

BMKG Ingatkan 6 Daerah di Bengkulu Siaga Bencana Hidrometeorologi

Lingga Olivia, Prakirawan Cuaca BMKG Bengkulu--(Sumber Foto: CW1/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisiska (BMKG) Bengkulu mengingatkan beberapa daerah di Bengkulu siaga bencana hidrometeorologi.

Lingga Olivia, Prakirawan Cuaca BMKG Bengkulu mengatakan bahwa cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sebagian wilayah Bengkulu dalam 3 hari kedepan, mulai tanggal 28-30 April 2024.

Waspada terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai angin kencang dan petir dapat memicu hidrometeorologi berupa pohon tumbang, banjir hingga tanah longsor.

BACA JUGA:328 Calon Jemaah Haji Kota Bengkulu Dilepas, 14 Mei Menuju Madinah

Hal itu berdasarkan data yang diperbaharui BMKG Bengkulu pada Minggu 28 April 2024 pukul 07.30 WIB.

BMKG aspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Wilayah Kabupaten Mukomuko, Lebong, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Seluma, dan Kaur.

 

"28 April hari ini (Minggu, red) daerah yang berpotensi hujan ringan hingga lebat ada di kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Benglulu tengah. Tanggal 29 April itu masih di Mukomuko, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara dan Lebong. Di tanggal 30 Mukomuko, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Lebong, Seluma dan Kaur," kata Lingga, saat wawancara BETV.

BACA JUGA:Empuk dan Anti Gagal! Cek Resep Donat Super Endul di Sini, Bisa Pakai Toping Tiramisu, Auto Bikin Nagih

Hal ini disebabkan adanya belokan udara memicu konvergensi sehingga terdapat banyak uap air di sekitar wilaya yang ada di Provinsi Bengkulu.

"BMKG berharap masyarakat Provinsi Bengkulu mewaspadai cuaca mulai hari ini, karena diprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga berat disertai angin kencang dan petir sampai tiga hari kedapan," sambungnya Lingga Olivia, Minggu 28 April 2024.

BMKG mengimbau agar masyarakat di Provinsi Bengkulu yang berencana berpergian pada tiga hari kedepan agar mempersiapkan jas hujan jika berkendara menggunakan sepeda motor.

BACA JUGA:Cek di Sini! 5 Tanda Perempuan Bermental kuat, Salah Satunya Tidak Mudah Menyalakan Keadaan

Dan untuk pengguna kendaraan roda empat atau mobil agar mewasapadai pohon besar serta menyiapak vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dan selalu update mengenai Informasi terkini seputar cuaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: