Selain Matahari, Ini 6 Penyebab Lain Munculnya Kerutan di Wajah, Nomor 4 Posisi Tidur Menyamping

Selain Matahari, Ini 6 Penyebab Lain Munculnya Kerutan di Wajah, Nomor 4 Posisi Tidur Menyamping

Ilustrasi. Penyebab munculnya kerutan di wajah.--Sumber foto: (Wab/klikdokter.com)

BETVNEWS - Kerutan di wajah muncul karena disebabkan beberapa hal ini, diantaranya adalah sinar matahari dan posisi tidur yang menyamping.

Diketahui bahwa kerutan merupakan salah satu tanda penuaan yang dapat muncul di beberapa bagian tubuh, salah satunya wajah.

Kondisi ini dapat sangat menggangu penampilan bahkan membuat tidak percaya diri. kerutan atau keriput adalah kondisi di mana kulit tampak mengendor atau tidak kencang sehingga terlihat garis halus bahkan lipan.

BACA JUGA:8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah, Salah Satunya Perbaiki Strukur Kulit, Yuk Cek Khasiat Lainnya

Sinar matahari menjadi penyebab utama munculnya kerutan di wajah. Hal tersebut karena paparan sinar matahari yang menyengat dapat merusak kolagen kulit sehingga mengurangi tingkat elastisitasnya.

Kerutan di wajah biasanya muncul di daerah lipatan seperti kening, bawah mata, smile line, atau daerah hidung.

Selain sinar matahari, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan munculnya kerutan di wajah. Hal tersebut karena nikotin menyebabkan penyempitan oksigen dan zat gizi tidak bisa mencapai sel kulit, karenanya tingkat elastisitas kulit menurun.

BACA JUGA: Perawatan dengan Bahan Alami hingga Pakai Sunscreen, Ini 7 Cara Samarkan Kerutan di Wajah

Selain itu, masih ada beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya kerutan di wajah seperti kontraksi otot wajah, posisi tidur, efek samping diet, hingga kurangnya asupan lemak sehat di dalam tubuh. Melansir dari hellosehat.com, berikut penyebab munculnya kerutan di wajah:

1. Terlalu sering kena sinar matahari

Penyebab munculnya kerutan di wajah yang pertama adalah sinar matahari. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa sinar matahari menyebabkan produksi kolagen menurun.

Diketahui bahwa kolagen mempengaruhi tingkat elastisitas kulit, oleh karenanya kulit wajah yang terpapar langsung oleh sinar matahari bisa menimbulkan kerutan.

Salah satu cara melindungi kulit wajah dari sinar matahari adalah dengan menggnakan sunscreen.

BACA JUGA:Masker Timun Tawarkan 8 Manfaat Kecantikan untuk Wajah, Yuk Cek Cara Membuatnya di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: