dempo

7 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan, Salah Satunya Tangkal Radikal Bebas

7 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan, Salah Satunya Tangkal Radikal Bebas

Ilustrasi. Manfaat vitamin c untuk kesehatan --(Sumber : Doc/BETV)

Vitamin C ini juga dikenal dapat menangkal radikal bebas, yaitu sel-sel rusak yang dapat membuat tubuh semakin stres apabila jumlahnya semakin menumpuk. 

BACA JUGA:Kaya Kandungan Vitamin C, Buah dan Sayuran Ini Baik untuk Kesehatan Tubuh, Kamu Harus Tahu

Jika terus dibiarkan, radikal bebas ini dapat mengembangkan penyakit dan juga mempercepat penuaan dini. Manfaat ini diperoleh lantaran vitamin C mengandung antioksidan alami yang sangat kuat dan dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. 

Tidak hanya itu, antioksidan pada tubuh ini juga dapat mencegah kerusakan oksidatif pada lipid dan juga makromolekul lainnya dengan mendonorkan elektron untuk menetralisir radikal bebas. 

BACA JUGA:Berikut 7 Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin C, Yuk Konsumsi untuk Penuhi Kebutuhan Vitamin C Harian

5. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Selain mencegah radikal bebas, vitamin c juga dapat membantu mencegah tubuh kekurangan zat besi. Hal ini tentunya penting untuk tubuh karena zat besi merupaka nutrisi yang membantu fungsi organ di dalam tubuh. 

Mineral ini dapat membantu memproduksi sel darah merah dan juga mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin C, maka penyerapan zat besi di dalam tubuh dapat meningkat. 

BACA JUGA:Jangan Berlebihan! Ini 5 Dampak Kelebihan Vitamin C bagi Tubuh, Salah Satunya Memicu Batu Ginjal

Oleh sebab itu, kamu akan terhindar dari kekurangan zat besi. Dengan mengonsumsi 100 mg vitamin C dsapat meningkatkan penyerapan zat besi hingga 67 persen. 

Di saat bersamaan, kondisi ini tentunya dapat menurunkan resiko anemia akibat kekurangan zat besi lantaran rutin mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. 

BACA JUGA:Sudah Tahu? Inilah 7 Dampak Kekurangan Vitamin C bagi Tubuh, Sistem Imun Jadi Lemah, Cek Dampak Lainnya

Tidak hanya itu, vitamin C ini dapat membantu mengubah zat besi yang sulit diserap oleh tubuh seperti sumber zat besi nabati menjadi bentuk yang lebih mudah diserap. 

6. Menyamarkan Garis Halus

Selain untuk kesehatan tubuh, vitamin C ini juga dapat menjaga kesehatan kulit salah satunya untuk menyamarkan garis halus yang menjadi tanda penuaan dini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: