dempo

6 Fakta Menarik Menguap yang Jarang Diketahui, Ternyata Tidak Selalu Tentang Mengantuk

6 Fakta Menarik Menguap yang Jarang Diketahui, Ternyata Tidak Selalu Tentang Mengantuk

Ilustrasi. Fakta menarik menguap yang jarang diketahui, ternyata tidak selalu tentang mengantuk.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Banyak orang tentu pernah mengalami kantuk dan lelah, sehingga kerap kali menguap dalam waktu tertentu. Namun, ternyata menguap tidak selalu tentang kedua hal tersebut, ada beberapa fakta menarik yang perlu diketahui.

Bahkan ada yang berpendapat seseorang yang menguap karena merasa bosan. Namun, menguap bisa terjadi karena banyak faktor.

Menguap dapat diartikan sebagai respons alami yang kerap dialami banyak orang. Menguap ini terjadi dengan membuka mulut yang lebar, kemudian akan dirasakan relaksasi otot rahang, tenggorokan hingga diafragma.

BACA JUGA:Cukup Tidur Tepat Waktu Setiap Hari, Ini 7 Manfaat Kesehatan yang Dirasakan

Meskipun terkadang terkesan tidak nyaman, dengan menguap lepas dapat membuat seseorang merasa lebih segar dan waspada. Kondisi ini juga sering terjadi dalam keadaan yang tidak menentu, sehingga saat dirasa akan menguap tubuh akan langsung merespons.

Saat menguap terjadi dan tidak dapat dihentikan, kamu hanya perlu menutup mulut sejenak. 

Melansir berbagai sumber, berikut ini fakta menarik tentang menguap yang jarang diketahui.

BACA JUGA:7 Cara Agar Anak Berhenti Mengigau dan Tidur Nyenyak, Coba Lakukan Ini

1. Identik dengan mengantuk

Tidak jarang orang beranggapan bahwa orang yang menguap identik dengan rasa kantuk. Dalam sejumlah penelitian juga membenarkan bahwa adanya kaitan yang erat antara menguap dan kantuk atau kelelahan ini.

Aktivitas tersebut kemudian termasuk dalam tahapan mengantuk. Sehingga perlu untuk beristirahat sejenak.

BACA JUGA:Coba Lakukan Ini Setelah Bangun Tidur, 6 Adab yang Dianjurkan Dalam Islam, Yuk Amalkan

2. Mendinginkan otak

Fakta menarik lainnya, menguap dapat menjadi cara untuk mendinginkan otak. Ada sebuah teori yang mengungkapkan bahwa kondisi tersebut bisa membuat orang merelaksasikan atau mendinginkan otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: