dempo

5 Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Adha yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Perbanyak Takbir Salah Satunya

5 Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Adha yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Perbanyak Takbir Salah Satunya

Ilustrasi. Amalan sunnah sebelum Idul Adha yang dianjurkan Rasulullah SAW.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Sebelum Idul Adha Tiba, ada beberapa amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada umat muslim, yuk simak ulasannya di sini.

Idul Adha adalah hari raya lebaran umat muslim yang dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah sebagai rasa cinta dan ketaatan kepada Allah SWT.

Ada banyak kebaikan di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah atau sebelum hari raya Idul Adha, salah satunya adalah memperbanyak takbir.

Barang siapa yang mengamalkannya sebelum sholat Idul Adha niscaya ia akan mendapatkan Syafaat luar biasa dari Allah SWT.

BACA JUGA:Sate Sapi hingga Kari Kambing, Ini 10 Ide Olahan Daging Kurban yang Lezat untuk Idul Adha

Selain itu, Rasulullah mensunnahkan kepa umatnya untuk melaksanakan puasa di bulan Dzulhiijjah dari tanggal 1 hingga 9 pada bulan tersebut. 

Dikatkan, barang siapa yang melaksanakan puasa di hari Arafah maka akan diampunkan dosa setahun di masa lalu dan masa depan.

Selain itu, amalan sunnah yang bisa diamalkan sebelum Idul Adha lainnya adalah puasa Tarwiyah dengan imbalan pahala bagaikan puasa setahun penuh.

Tidak hanya itu, masih banyak amalan sunnah yang baik diamalkan sebelum sholat Idul Adha seperti mandi sebelum sholat, hingga memperbanyak takbir. Dilansir dari detik.com, berikut amalan sunnah sebelum sholat Idul Adha yang dianjurkan Rasulullah SAW:

BACA JUGA:Dapat Kebaikan dari Setiap Helai Bulunya, Ini 7 Keutamaan Ibadah Kurban di Hari Raya Idul Adha

1. Puasa Dzulhijjah

Amalan sunnah yang bisa diamalkan sebelum Idul Adha adalah puasa Dzulhijjah. Amalan ini dapat diamalkan mulai tanggal 1 hingga 8 Dzulhijjah. 

Diketahui, bagi perempuan yang memiliki hutang puasa ramadan bisa mengqadhanya saat puasa Dzulhijjah.

Dzulhijjah termasuk ke dalam bulan yang dimuliakan karena terdapat berberapa keutamakan di dalamnya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: