KPU

Bukan dengan Ceramah, Ini 5 Tips Parenting untuk Didik Anak Laki-laki

Bukan dengan Ceramah, Ini 5 Tips Parenting untuk Didik Anak Laki-laki

Bukan dengan ceramah, ini 5 tips parenting untuk didik anak laki-laki--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Lantas apa yang harus dilakukan oleh orang tua dalam menghadapi anak remaja laki-laki mereka dan seperti apa tips parenting yang tepat untuk dilakukan? Simak ulasannya dalam artikel berikut. 

Tips Parenting untuk Anak Laki-laki

1. Menanyakan Apa yang Mereka Butuhkan

Untuk menghadapi anak laki-laki sebaiknya orang tua mengajak mereka bicara dan menanyakan apa yang mereka butuhkan. 

BACA JUGA:5 Tips Parenting untuk Anak Remaja, Mengomel Bukan Solusi Terbaik

Hal ini lantaran anak laki-laki biasanya cenderung memiliki jiwa bebas dan memiliki keinginan sendiri saat menginjak dewasa sehingga penting bagi ibu untuk menanyakan apa yang mereka butuhkan. 

Biasanya anak laki-laki akan lebih terbuka jika orang tua bertanya dengan duduk berdampingan alih-alih dengan menatapnya. Mendengarkan pikiran dan pendapat anak laki-laki merupakan kunci yang penting. 

BACA JUGA:Orang Tua Perlu Tahu, Ini 4 Tipe Parenting pada Anak, Sering Lakukan yang Mana?

2. Melibatkan Ayah

Dalam mendidik anak laki-laki, penting untuk melibatkan ayah lantaran kebanyakan anak laki-laki akan lebih sulit untuk mendengarkan perintah ibu setelah beranjak remaja. 

Oleh sebab itu, peran ayah penting untuk terlibat dalam mendidik aak laki-laki lantaran ayah biasanya cenderung lebih tegas namun tanpa mengekang dan dapat menjelaskan sesuatu dengan menyenangkan. 

BACA JUGA:Mengenal Parenting Style dalam Pola Asuh Anak, Simak Penjelasan Psikolog Klinis RSKJ Soeprapto Bengkulu

3. Sopan Santun

Saat mendidik anak remaja laki-laki, pastikan untuk mengajarkan sopan santun lantaran anak laki-laki juga perlu diberikan pemahaman mengenai sikap sopan santun yang perlu dilakukan. 

Orang tua dapat mengajarkan anak kapan waktu untuk meminta maaf, meminta tolong, dan juga mengucapkan terima kasih sebagai etika dasar dalam kehidupan sehari-hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: