dempo

5 Tanda Orang Tua Terlalu Keras pada Anak, Pernah Lakukan?

5 Tanda Orang Tua Terlalu Keras pada Anak, Pernah Lakukan?

5 tanda orang tua terlalu keras pada anak, pernah lakukan?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat beberapa tanda ketika orang tua terlalu keras pada anak mereka yang seringkali tidak disadari oleh para orang tua yang menerapkan pendidikan ini. 

BACA JUGA:Bukan dengan Ceramah, Ini 5 Tips Parenting untuk Didik Anak Laki-laki

Saat mengasuh anak, ada kalanya orang tua akan bersikap terlalu keras anak untuk dapat mendisiplinkan mereka agar anak lebih menurut. 

Padahal langkah ini justru dapat berdampak buruk pada anak, terutama dengan menggunakan pendektan yang keras seperti prinsip-prinsip yang ketat dan aturan-aturan kaku. 

BACA JUGA:6 Tips Parenting untuk Cegah Anak Kecanduan Gadget, Salah Satunya Jadi Contoh yang Baik

Tidak hanya itu, orang tua yang mendidik terlalu keras kerap kali menggunakan hukuman fisik, teriakan, dan juga bentuk pendisiplinan keras yang lain agar anak jera dan belajar dari kesalahan mereka. 

Namun orang tua seringkali tidak menyadari jika mendidik dengan cara ini justru dapat menimbulkan banyak dampak buruk pada anak seperti memunculkan trauma, rasa takut, dan juga kebencian pada anak. 

BACA JUGA:Ini 7 Kalimat Terlarang untuk Anak Menurut Ahli Parenting, Orang Tua Wajib Tahu

Harapan orang tua agar anak dapat patuh dan memotivasi anak justru dapat membuat anak merasa tidak dihargai dan kehilangan kepercayaan dirinya. 

Bahkan tidak sedikit anak yang dibesarkan oleh orang tua yang terlalu tegas ini memiliki sifat yang cenderung suka berbohong ubtuk segala hal lantaran takut akan konsekuensi yang berat dari orang tua mereka. 

BACA JUGA:Panutan! Ini 5 Tips Parenting Ala Kimbab Family, Cocok untuk Orang Tua Modern

Oleh sebab itu, jika orang tua terlalu keras pada anak maka hal tersebut dapat mempengaruhi perkembangan emosional dan juga kepercayaan diri sang anak. 

Lantas apa saja tanda jika orang tua telah terlalu keras pada anak? Simak informasinya yang telah BETV rangkum dalam artikel berikut. 

BACA JUGA:Bunda Jangan Emosi Dulu, Lakukan 7 Tips Parenting Ini untuk Didik Anak Usia Dini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: