dempo

Orang Tua, Ketahui 5 Tips Bangun Hubungan Baik dengan Anak Ini, Coba Dengarkan Mereka

Orang Tua, Ketahui 5 Tips Bangun Hubungan Baik dengan Anak Ini, Coba Dengarkan Mereka

Ilustrasi. Cara membangun hubungan baik dengan anak--(Sumber : Doc/BETV)

BACA JUGA:Inilah Sederet Makanan Ampuh Mencegah Mata Minus Pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Sebaiknya hindari langsung marah saat anak melakukan kesalahan tanpa menanyakan apa yang membuat anak melakukan hal tersebut. Orang tua perlu belajar untuk memahami anak dari sudut pandang mereka. 

Oleh sebab itu, sebaiknya orang tua mendengarkan dan mendiskusikan apa yang terjadi bersama-sama agar dapat memahami dan mengerti apa yang diinginkan dan juga dipikirkan oleh anak-anak. 

BACA JUGA:Anak Tantrum Bikin Heboh? 6 Cara Ini Bisa Bantu Orang Tua untuk Mengatasinya

4. Memaafkan

Setelah memahami, tips berikutnya yang bisa ornag tua lakukan untuk membangun hubungan yang baik dengan anak adalah dengan saling memaafkan. 

Saling memaafkan dapat merekatkan hubungan antara anak dan juga orang tua. Setelah meminta maaf, orang tua dapat memberi nasihat pada anak untuk tidak mengulangi kesalahannya. 

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyebab Anak Tantrum yang Bikin Orang Tua Kewalahan, Salah Satunya Karena Stres

5. Menujukkan Rasa Cinta

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan oleh orang tua agar dapat lebih dekat dengan anak mereka adalah dengan menunjukkan rasa cinta pada anak dalam berbagai bentuk. 

Menunjukkan rasa cinta ini penting bagi anak. Orang tua dapat melakukannya dengan cara seperti memeluk anak sebelum tidur, menenangkan mereka saat sedih, atau memberikan sesuatu yang mereka inginkan. 

BACA JUGA:Orang Tua, Yuk Pahami 4 Jenis Pola Asuh Ini dan Dampaknya pada Anak, Mana yang Lebih Baik?

6. Makan Bersama

Makan bersama juga dapat mengeratkan hubungan orang tua dan anak karena mereka dapat berbagi momen bersama, termasuk memulai percakapan yang hangat untuk mempererat hubungan keluarga. 

Orang tua dapat memulai hal ini dengan membuat aturan di meja makan seperti fokus makan tanpa menonton televisi atau memainkan ponsel di meja makan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: