dempo

Ternyata Ini Makna Ayam Berkokok di Malam Hari Menurut Islam, Ada Pertanda Apa?

Ternyata Ini Makna Ayam Berkokok di Malam Hari Menurut Islam, Ada Pertanda Apa?

Ilustrasi. Ternyata ini makna ayam berkokok di malam hari menurut Islam, ada pertanda apa?--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Hal ini terjadi karena ayam jantan punya jam tersendiri yang mana secara spontan mereka akan mengetahui waktu di sekitarnya.

BACA JUGA:Duduk di Atas Bantal Bikin Bisulan, Mitos atau Fakta? Ini Jawabannya

Lantas bagaimana jika mendengar suara ayam berkokok di malam hari? Dalam kitab Fathul Bari, Al-Hafidz ibn Hajar menjelasakan bahwa ayam jantan punya keistimewaan dibanding hewan lainnya, yakni ia tahu tentang perubahan waktu saat malam tiba.

Kemudian ayam akan berkokok pada waktu yang tepat dan tidak pernah sekalipun tertinggal. Ia juga berkokok sebelum subuh dan sesudah subuh, hampir sama sekali tidak melesat.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makna ayam berkokok di malam hari adalah bahwa ia sedang melihat malaikat datang.

BACA JUGA:Ini 7 Mitos Kejatuhan Cicak di Anggota Tubuh Tertentu, Berdampak Baik atau Buruk? Cek Penjelasannya

Sehingga tidak perlu takut jika mendengar ayam berkokok saat malam hari menjelang. Dijelaskan dalam suatu hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda,

"Bila engkau mendengar suara ayam jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari setan karena dia melihat setan," (HR. Bukhari dan Muslim).

Lalu, ada kalanya kita mendengar ayam berkokok di jam 10 malam, dikatakan ada yang terkuak berupa aib hingga diketahui masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Mitos Menyapu di Malam Hari Datangkan Hal Negatif, Benarkah? Simak Penjelasannya di Sini

Jika ayam berkokok menunjukkan jam 12 malam atau tengah malam, diyakini bahwa ayam sedang melihat makhluk gaib. Dipercaya makhluk tersebut memang mendiami tempat itu atau hanya sekadar lewat saja.

Sehingga, tak heran bila orang zaman dulu kerap memberi peringatan pada anak-anak maupun orang yang ada di rumah, untuk berdoa saat mendengarnya berkokok di malam hari.

Doa tersebut ditujukan sebagai bentuk permohonan keselamatan agar bisa mencegah adanya aib maupun peristiwa yang bisa jadi ancaman bagi masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Menguak Mitos Legendaris Larangan Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan, Ternyata Ini Alasannya

Ada bacaan doa yang dapat dipanjatkan ketika terdengar suara ayam berkokok di waktu malam, yakni:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: