KPU

Waspada Anemia pada Anak! Mari Cegah dengan 5 Cara Ini

Waspada Anemia pada Anak! Mari Cegah dengan 5 Cara Ini

Waspada anemia pada anak! Mari cegah dengan 5 cara ini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Vitamin C sendiri telah terbukti dapat meningkatkan penyerapan zat besi non heme dan menyimpannya dalam bentuk yang lebih mudah untuk diserap tubuh. 

Asupan vitamin C ini dapat diperoleh melalui buah dan sayur seperti pepaya, jeruk, jambu merah, tomat, paprika, melon, dan berbagai jenis buah lainnya.

BACA JUGA:Miliki Kandungan Gizi Melimpah! Ini 5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Dapat Cegah Anemia

4. Berikan Makanan Terfortifikasi

Makanan terfortifikasi merupakan jenis makanan atau bahkan minuman yang dalam proses pengolahannya sengaja menggunakan tambahan kandungan gizi penting, termasuk zat besi. 

Beberapa contoh makanan atau minuman ini adalah produk roti, sereal gandum, atau susu pertumbuhan yang telah diberi lebel 'terfortifikasi zat besi'. 

BACA JUGA:Suka Sukun Goreng? Ini 6 Manfaatnya untuk Tubuh, Salah Satunya Cegah Anemia

4. Memberikan Air Putih yang Cukup

Orang tua juga sebaiknya memastikan jika anak mereka memiliki asupan air putih yang cukup lantaran cairan sangat berperan untuk proses produksi sel darah merah. 

Oleh sebab itu, jika produksi sel darah merah tercukupi, maka anak juga dapat terhindar dari bahaya anemia. Pastikan untuk memberikan air putih yang bersih dan matang pada anak. 

BACA JUGA:Jangan Lewatkan 5 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Ini, Salah Satunya Cegah Anemia

5. Menghindari Teh Saat Makan

Sebaiknya orang tua menghindari memberikan teh pada anak saat waktu makan lantaran teh mengandung zat bernama asam fitat dan tanin yang dapat mengganggu proses penyerapan zat besi. 

Oleh sebab itu, hindari meberikan teh pad anak kurang dari satu jam sebelum waktu makan utama agar nutrisi dari makanan dapat terserap optimal. 

BACA JUGA:Mengatasi Anemia hingga Jaga Kesehatan Fungsi Otak, Inilah 8 Manfaat Zat Besi untuk Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: