dempo

6 Gejala Anemia pada Anak, Kulit Pucat hingga Napas Pendek

6 Gejala Anemia pada Anak, Kulit Pucat hingga Napas Pendek

6 gejala anemia pada anak, kulit pucat hingga napas pendek--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Lantas apa saja gejala anemia pada anak yang perlu diwaspadai oleh para orang tua ini? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

Gejala Anemia pada Anak

1. Mudah Lemas dan Lelah

Gejala pertama yang tampak pada anak yang mengalami anemia adalah mereka yang merasa mudah lemas dan lelah. Gejala ini termasuk gejala umum yang ditunjukkan oleh para penderita anemia. 

BACA JUGA:5 Khasiat Jeruk, Dapat Jaga Kesehatan Usus hingga Cegah Anemia

Hal ini karena tubuh tidak bisa menghasilkan cukup banyak sel darah merah sehingga di saat bersamaan sel darah merah untuk mensuplai oksigen ini akan berkurang dan menyebabkan anak tidak punya cukup energi untuk beraktivitas. 

2. Kulit Pucat

Gejala lainnya yang terlihat pada anak yang mengalami anemia adalah kulit yang pucat. Kondisi ini terjadi karena mereka tidak memiliki cukup sel darah merah sehingga aliran darah ke seluruh bagian tubuh akan terganggu. 

BACA JUGA:Jeruk Nipis Punya 6 Manfaat Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Anemia

Tidak hanya pada kulit, bibir juga akan menjadi lebih pucat daripada biasanya. Begitu juga dengan bagian kuku yang seharusnya berwarna pink justru menjadi pucat. 

3. Napas Pendek

Saat mengalami anemia, anak juga biasanya memiliki napas pendek karena anemia defisiensi zat besi ini bisa membuat kadar oksigen di dalam tubub berkurang. 

BACA JUGA:5 Cara Atasi Anemia pada Anak, Berikan Suplemen hingga Lakukan Transfusi Darah

Oleh sebab itu, napas menjadi lebih pendek dan cepat untuk dapat memperoleh lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh anak. 

4. Mudah Terkena Infeksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: