dempo

6 Gejala Anemia pada Anak, Kulit Pucat hingga Napas Pendek

6 Gejala Anemia pada Anak, Kulit Pucat hingga Napas Pendek

6 gejala anemia pada anak, kulit pucat hingga napas pendek--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Anak yang mengalami anemia juga biasanya mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga hal ini dapat membuat anak menjadi lebih mudah untuk terkena infeksi. 

BACA JUGA:Waspada Anemia pada Anak! Mari Cegah dengan 5 Cara Ini

Jenis infeksi yang dapat menyerang anak juga sangat beragam sehingga harus diwaspadai oleh para orang tua agar tidak berakibat fatal pada kesehatan anak. 

5. Anak Menjadi Rewel

Gejala berikutnya yang dapat terlihat jika anak mengalami anemia adalah anak yang menjadi rewel karena ada yang tidak beres pada tubuhnya atau tubuh terasa tidak nyaman. 

BACA JUGA:5 Dampak Anemia Ini Bisa Intai Kesehatan Anak, Bisa Pengaruhi Fungsi Motorik Mereka

Biasanya anak yang terkena anemia akan merasa lemas dan pusing hingga membuat mereka tidak nyaman untuk beraktifitas sehingga mereka akan menjadi lebih rewel. 

6. Nafsu Makan Berkurang

Anemia juga dapat membuat nafsu makan pada anak menurun karena adanya prubahan pada hormon lapar atau yang dikenal juga dengan sebutam ghrelin. 

BACA JUGA:Sederet Penyebab Anemia pada Anak yang Harus Diwaspadai, Salah Satunya Kurang Nutrisi

Namun ada juga anemia yang justru dapat menimbulkan dorongan untuk mengonsumsi makanan aneh yang cenderung tidak bergizi seperti es batu, kertas, bahkan tanah. 

Oleh sebab itu, jika orang tua menemukan tanda-tanda atau gejala di atas, sebaiknya segera periksakan anak pada dokter untuk mengetahui kondisi anemia seperti apa yang dialami oleh anak. 

BACA JUGA:Bunda Perlu Tahu, Ternyata Anak Juga Bisa Alami Anemia Lho! Ini Gejalanya

Demikian 6 gejala anemia pada anak yang harus diketahui oleh para orang tua untuk lakukan pencegahan dan mengatasinya. Yuk lebih perhatikan lagi kondisi anak agar dapat mengatasinya segera. Semoga informasi ini bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: