KPU

5 Dampak Anemia Defisiensi Zat Besi pada Anak, Bisa Bikin Anak Lambat Berkembang

5 Dampak Anemia Defisiensi Zat Besi pada Anak, Bisa Bikin Anak Lambat Berkembang

5 dampak anemia defisiensi zat besi pada anak, bisa bikin anak lambat berkembang--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat banyak dampak anemia pada anak yang perlu menjadi perhatian orang tua karena dampak-dampak ini bisa bersifat sangat serius dan mengganggu pertumbuhan mereka. 

BACA JUGA:6 Gejala Anemia pada Anak, Kulit Pucat hingga Napas Pendek

Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk segera mengenali gejala dan penyebab anemia pada anak ini agar dapat melakukan penanganan yang tepat dan juga cepat. 

Salah satu penyebab anemia yang paling sering dialami oleh anak adalah defisiensi zat besi atau kekurangan zat besi sehingga membuat tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah dengan cukup. 

BACA JUGA:Bunda Perlu Tahu! Anak Juga Bisa Alami Anemia, Ini Penyebabnya

Anemia bukan hanya masalah kesehatan yang dialami oleh orang dewasa, namun anak-anak juga rentan mengalami masalah yang satu ini sehingga diperlukan kepekaan orang tua untuk mendeteksinya sejak dini. 

Anemia atau kurang darah merupakan suatu kondisi saat jumlah sel darah merah di dalam tubuh menurun di bawah normal untuk anak sehingga membuat mereka menjadi pucat, mudah rewel, lelah, dan juga lemah. 

BACA JUGA:Baik Bagi Pengidap Anemia, Ini 10 Manfaat Pare untuk Kesehatan

Kondisi ini tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anak sehingga orang tua sebaiknya segera mengetahui gejalanya agar dapat mengatasinya lebih cepat. 

Jika anak mengalami anemia dan kekurangan sel darah merah atau hemoglobin di dalam tubuh, maka kondisi ini dapat menyebabkan jaringan dan organ dalam tubuh kekurangan oksigen

BACA JUGA:Daging Merah hingga Sereal, Ini 7 Makanan Pencegah Anemia yang Paling Direkomendasikan

Hal ini lantaran hemoglobin memiliki peran penting untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Kekurangan hemoglobin membuat anak dapat mengalami kekurangan oksigen.  

Kondisi ini tentunya dapat memberikan dampak yang bahkan dapat sangat berbahaya untuk anak, seperti memicu gangguan pertumbuhan dan juga perkembangan anak secara menyeluruh. 

BACA JUGA:7 Cara Mudah Cegah Anemia pada Ibu Hamil, Makan Makanan Tinggi Zat Besi Salah Satunya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: