dempo

Mengenal Trust Issue dalam Hubungan, Lengkap dengan Cara Mengatasinya, Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Mengenal Trust Issue dalam Hubungan, Lengkap dengan Cara Mengatasinya, Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Ilustrasi. Mengenal trust issue dalam hubungan, lengkap dengan cara mengatasinya, ini yang perlu dilakukan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

2. Psikoterapi

Selain cara di atas, kamu dapat atasi trust issue melalui tenaga profesional seperti psikoterapi. Bila masih merasa kesulitan dalam memecahkan masalah, tak ada salahnya melakukan konsultasi bersama tenaga profesional.

BACA JUGA:Bunda, Ajarkan 5 Cara Ini Agar Anak Cintai Diri Sendiri, Buat Mereka Merasa Berharga

Sehingga psikolog ataupun psikiater dapat membantumu dalam mencari tahu penyebab trust issue itu sendiri, misal dengan jalani psikoterapi. Hal ini jadi salah satu teknik psikoterapi yang dapat digunakan yaitu terapi perilaku kognitif.

3. Percaya diri sendiri

Kamu perlu untuk membangun percaya diri sendiri terlebih dulu, sebelum percaya dengan orang lain. 

Bila kepercayaan diri rendah atau penilaian dari diri sendiri selalu kurang dapat menjadi awal mula munculnya rasa putus asa dalam berproses, hal ini termasuk untuk mengatasi trust issue.

BACA JUGA:Auto Sembuh! Ini 4 Cara Mudah Lakukan Self Healing untuk Diri Sendiri, Buat Harimu Jauh Lebih Baik

4. Membedakan antara rasa percaya dan kontrol

Seseorang yang memiliki trust issue sering kali akan merasa perlu untuk melakukan kontrol terhadap suatu hal. Sebab seseorang tersebut pernah mengalami rasanya dikhianati maupun dimanfaatkan.

Sehingga membuatnya punya kendali ketika bekerja sama atau menjalin suatu hubungan pada orang lain. Hal tersebut tentu dapat merusak hubungan antar sesama bila dilakukan terus-menerus.

BACA JUGA:Waspada Toxic Parenting, Bisa Pengaruhi Mental Anak, Kamu Salah Satunya?

Untuk itu coba kamu tentukan situasi di saat apa yang dapat mengontrol lingkungan atau percaya pada orang lain yang dilakukan sendiri. Misalnya, kamu berbagi pekerjaan pada rekan kerja lain, apabila pekerjaan yang kamu dapatkan terlalu banyak dan menumpuk.

5. Menjalin komunikasi baik

Hal selanjutnya yang dapat kamu lakukan dalam membangun kembali rasa percaya terhadap orang lain, maupun pasangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: