KPU

Tidak Baik Dikonsumsi Berlebih, Inilah Sederet Efek Samping Lidah Buaya Bagi Kesehatan tubuh

Tidak Baik Dikonsumsi Berlebih, Inilah Sederet Efek Samping Lidah Buaya Bagi Kesehatan tubuh

Sederet Efek Samping Lidah Buaya Bagi Kesehatan tubuh--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Lidah buaya dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, termasuk obat pencahar, diuretik, dan obat untuk diabetes. Interaksi ini bisa mengubah efektivitas obat atau meningkatkan risiko efek samping.

6. Kerusakan Hati

Ada laporan yang menunjukkan bahwa konsumsi lidah buaya dalam dosis tinggi atau untuk jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan hati.

Ini mungkin disebabkan oleh senyawa tertentu dalam lidah buaya yang bisa bersifat toksik jika digunakan secara berlebihan.

BACA JUGA:Lidah Buaya Bikin Wajah Glowing dan Awet Muda, Begini Cara Buatnya Agar Kulit Bebas dari Kerutan

7. Keguguran dan Komplikasi Kehamilan

Wanita hamil atau menyusui sebaiknya menghindari konsumsi lidah buaya secara internal, karena dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang bisa meningkatkan risiko keguguran atau komplikasi kehamilan lainnya.

Oleh karena itu, bagi ibu hamil bahkan pasca melahirkan sebaiknya menghindari lidah buaya untuk dikonsumsi.

BACA JUGA:Bikin Wajah Cerah dan Glowing, Yuk Intip 7 Manfaat Lidah Buaya di Dunia Kecantikan

8. Kanker

Beberapa studi pada hewan menunjukkan bahwa lidah buaya yang dikonsumsi secara oral dapat menyebabkan kanker usus besar. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan efek ini pada manusia.

Adapun untuk meminimalkan risiko efek samping, sebaiknya gunakan lidah buaya sesuai dengan petunjuk dan dalam jumlah yang wajar.

BACA JUGA:Lidah Buaya Simpan 5 Manfaat untuk Wajah, Salah Satunya hilangkan Flek Hitam, Ini 4 Lainnya

Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi lidah buaya, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan.

Itulah sederet efek samping lidah buaya untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Semoga informasi ini membantu dan bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: