dempo

Pencemaran Udara Sebabkan Wajah Bruntusan, Cek 9 Penyebab Lainnya di Sini

Pencemaran Udara Sebabkan Wajah Bruntusan, Cek 9 Penyebab Lainnya di Sini

Ilustrasi. Penyebab bruntusan di wajah.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Pencemaran udara menjadi salah satu penyebab wajah bruntusan, cek sebab lainnya di sini.

Bruntusan umum terjadi baik pada wanita atau pria, kondisi ini ditandai dengan munculnya beberapa jerawat kecil di wajah.

Namun berbeda dengan jerawat yang bernana dan perih, bruntusan hanya menyebabkan kemerahan dan membuat kulit wajah tidak rata.

Jika tidak segera diatasi bruntusan dapat meradang dan akhirnya menjadi jerawat.

BACA JUGA:Cek Kandungan Nutrisi Pada Buah Leci, Berikut 5 Manfaatnya untuk Kulit Wajahmu

Salah satu faktor penyebabnya adalah pencemaran udara. Wajah yang tidak dibersihkan dengan baik akan membuat kotoran mengendap di dalam pori-pori. Kotoran ini akhirnya mengeras dan menjadi komedo, jika kondisi ini terus terjadi maka komedo tersebut bisa berubah menjadi bruntusan.

Selain itu, perubahan hormon juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya bruntusan di wajah. Melansir dari halodoc.com, berikut penyebeb wajah bruntusan:

BACA JUGA:Terbukti Ampuh Mencegah Penuaan Dini, Inilah 5 Daftar Makanan Sehat untuk Kulit Wajah

1. Penumpukan komedo

Penyebab wajah bruntusan yang pertama adalah karena adanya penumpukan komedo di wajah. Komedo adalah minyak yang mengeras di dalam lubang pori-pori, jika terus dibiarkan menumpuk maka pori-pori akan membengkak dan pembengkakan inilah yang disebut bruntusan.

Tidak hanya menyebabkan wajah bruntusan, penumpukan komedo juga bisa memicu munculnya jerawat.

2. Milia

Penyebab wajah bruntusan selanjutnya adalah milia. Bagi yang belum tahu, kondisi ini ditandai dengan adanya bintik-bintik putih di sekitar mata. 

BACA JUGA:Inilah 3 Cara Atasi Flek Hitam dengan Tepung Beras, 1 Bahan Dapur Ampuh Bikin Wajah Glowing

Milia juga dapat menyebabkan bruntusan karena terbentuk akibat sel kulit mati yang tidak mengelupas dengan baik sehingga teperangkap di bawah kulit.

Oleh karena itu muncullah bruntusan di wajah yang berbentuk bintik kecil-kecil akibat penumpukan sel kulit mati tersebut.

3. Keratosis pilaris 

Penyebab wajah bruntusan berikutnya adalah keratosis pilaris. Kondisi ini dapat terjadi akibat masalah genetik.

Biasanya keratosis pilaris dikenal juga dengan sebutan kulit ayam. Kondisi ini diakibatkan oleh penyumbatan pada area folikel rambut sehingga wajah menjadi bruntusan.

BACA JUGA:Coba Terapkan Sebelum Tidur, 5 Rutinitas Malam Hari Ini Bikin Kulit Wajah Glowing

4. Reaksi alergi atau sensitivitas

Selain kulit ayam, alergi juga bisa menyebabkan kulit bruntusan. Hal tersebut karena alergi menimbulkan rasa gatal, kemerahan dan kulit menjadi mengelupas.

Hal tersebut dapat membuat wajah bruntusan karena sebagai reaksi dari alergi yang terjadi.

5. Dermatosis papulosa nigra (DPN)

Penyebab wajah bruntusan selanjutnya adalah dermatosis papulosa atau bintik yang muncul di kulit khususnya pda pemiliki kulit gelap. 

Kondisi ini bisa terjadi karena adanya penumpukan sel epidermis pada kulit dan biasanya diwariskan oleh anggota keluarga.

BACA JUGA:Nggak Perlu Perawatan Mahal, Cukup Ikuti 6 Cara Ini untuk Dapatkan Kulit Wajah Glowing Bersinar Alami

6. Perubahan hormon

Penyebab wajah bruntusan berikutnya adalah perubahan hormon. Kondisi ini cukup sering terjadi khususnya pada wanita.

Pada masa menstruasi hormon sering kali tidak stabil sehingga kondisi kulit menjadi tidak menentu, bisa berjerawat, muncul bruntusan, bahkan terjadi peradangan pada jerawat di wajah.

7. Pencemaran udara

Penyebab wajah bruntusan yang lainnya adalah pencemaran udarah. Seperti yang diketahui bahwa udarah sering kali menjadi penyebab utama kerusakan di kulit.

BACA JUGA:Flek Hitam di Wajah Susah Hilang? Hempaskan dengan Lemon, Glowing dalam Semalam

Wajah bruntusan dapat diakibatkan karena terpapar oleh udahra kotor yang kemudian menempel di wajah dan masuk ke dalam pori-pori sehingga menyebabkan munculnya bruntusan di wajah.

8. Obat-obatan tertentu

Penyebab wajah bruntusan selanjutnya adalah pengaru obat-obatan tertentu. Jika kamu mengkonsumsi obat dan kemudian ternyata tidak cocok sangat mungkin dapat menyebabkan wajah bruntusan.

Hal tersebut karena ada beberapa obat dapat mempengaruhi sistem hormon sehingga bisa mengakibatkan perubahan pada kulit wajah seperti bruntusan.

BACA JUGA:Bikin Tampilan Lebih Fresh, Simak 4 Cara Merawat Kulit Wajah dengan Bahan Alami

9. Produk yang tidak sesuai

Penyebeb wajah bruntusan yang terakhir adalah penggunaan produk yang tidak sesuai. Seperti yang diketahui bahwa penggunaan produk kecantikan yang tidak sesaui dengan jenis kulit dapat menimbulkan beberapa reaksi mulai dari flek hitam, jerawatan, hingga bruntusan. Itulah informasi mengenai penyebeb wajah bruntusan, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: