dempo

8 Manfaat Buah Alpukat yang Jarang Diketahui, Dapat Mengontrol Tekanan Darah

8 Manfaat Buah Alpukat yang Jarang Diketahui, Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Ilustrasi. Manfaat buah alpukat yang jarang diketahui, dapat mengontrol tekanan darah.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Ada juga kandungan lutein dan zeaxanthin di dalam alpukat yang juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan mata. Kedua zat ini berperan sebagai antioksidan yang bisa mencegah dan juga memperbaiki kerusakan mata.

Asupan lutein dan zeaxhantin cukup baik dalam pencegahan penyakit pada mata yang menyebabkan penuaan, seperti katarak dan juga degenerasi makula.

4. Mencegah dan mengatasi sembelit

Dikarenakan kekurangan asupan serat atau kurang minum air putih, hal ini bisa menyebabkan sembelit. Untuk mencegah atau mengatasi suatu sembelit, kamu dapat mengonsumsi makanan yang tinggi serat salah satunya adalah buah alpkukat.

BACA JUGA:Jangan Abaikan! Ini 9 Ciri-ciri Anemia pada Ibu Hamil, Lesu hingga Tekanan Darah Rendah

Sebagai pemaksimalan manfaat buah alpukat dalam mencegah dan mengatasi sembelit, kamu juga dianjurkan minum air putih yang cukup serta rutin untuk berolahraga.

5. Memelihara kesehatan jantung

Tak hanya itu, buah alpukat adalah sumber lemak sehat, protein, serat, serta beragam vitamin dan mineral yang baik untuk jantung. Riset juga menunjukkan bahwa dengan pola makan tinggi buah dan sayuan, hal ini termasuk buah alpukat.

Dapat membantu pengurangan kadar kolesterol jahat (LDL) dan adanya peningkatan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Bila kolesterol LDL terlalu tinggi, hal tersebut tidak akan baik bagi kesehatan.

BACA JUGA:6 Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan, Turunkan Tekanan Darah hingga Cegah Glaukoma

Sebab dapat mengakibatkan adanya sumbatan pada pembuluh darah jantung dan bisa memicu penyakit jantung. Sebagaimana buah alpukat bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu pilihan buah dalam penurunan kolesterol dan juga menjaga kesehatan bagi jantung.

6. Menjaga berat badan

Buah ini mengandung karbohidrat dan juga serat, dengan mengonsumsi alpukat bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Meski berlemak, alpukat tidak menyebabkan berat badan cepat meningkat, karena jenis lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak baik.

BACA JUGA:Lancarkan Pencernaan hingga Kontrol Tekanan Darah, Simak 12 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan di Sini

Hanya saja, untuk memperoleh manfaat alpukat ini, kamu dianjurkan untuk tak mengonsumsinya dengan berlebihan. Sebab mengingat kalorinya cukup tinggi, yakni berkisar 150–200 kalori per buahnya. Tak hanya itu, dalam penurunan berat badan, kamu perlu untuk rutin berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: