dempo

Mengenal Gaslighting, Perilaku Toxic yang Serang Psikologis Seseorang, Pernah Alami?

Mengenal Gaslighting, Perilaku Toxic yang Serang Psikologis Seseorang, Pernah Alami?

Ilustrasi. Mengenal gaslighting, perilaku toxic yang sering psikologis seseorang, pernah alami?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Penting untuk mengenal perilaku gaslighting agar dapat menghindari perilaku toxic yang satu ini. 

BACA JUGA:Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Gaslighting merupakan tindakan yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari entah itu dalam hubungan romantis dengan pasangan, hubungan keluarga, hubungan pertemanan hingga hubungan sesama rekan kerja. 

Gaslighting sendiri merupakan salah satu bentuk pelecehan emosional atau emotional abuse dimana pelakunya seringkali melakukan tindakan yang memanipulasi serta memutarbalikan fakta. 

BACA JUGA:Mengenal Istilah Gaslighting, Cek Tanda dan Cara Mengatasi Orang yang Punya Sifat Ini

Oleh sebab itu, gaslighting juga dikenal sebagai salah satu bentuk manipulasi yang biasanya terjadi di dalam hubungan yang tidak sehat atau dikenal juga dnegan istilah abusive relationship. 

Melansir laman Good Therapy, dijelaskan bahwa gaslighting merupakan jenis kekerasan emosional yang berbahaya dan terkadang bersifat terselubung. 

BACA JUGA:Pernah Dengar Gaslighting? Ini Makna hingga Cara Mengatasinya, Hati-hati Jika Bertemu

Hal ini menyebabkan korban mempertanyakan penilaian dan juga kenyataan diri sendiri sehingga pada akhirnya korban gaslighting ini akan mulai tidak percaya dengan dirinya sendiri. 

Gaslighting sendiri menjadi sebuah taktik dimana seseorang atau sekelompok orang melalukan tindakan dengan tujuan untuk dapat memperoleh lebih banyak kekuatan dan membuat korban mempertanyakan realitas yang ada. 

BACA JUGA:Tanda-tanda hingga Cara Atasi Gaslighting, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Bahkan tindakan gaslighting ini menjadi salah satu teknik umum yang dilakukan oleh para pelaku kekerasan, para diktator, narsistik, hingga para pemimpin sekte. 

Malangnya lagi, korban yang mengalami gaslighting ini seringkali tidak sadar jika mereka telah dicuci otak lantaran tindakan ini biasanya dilakukan secara perlahan dan bertahap. 

BACA JUGA:Terjebak dengan Rekan Manipulatif? Ini 5 Cara Menghadapinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: