dempo

8 Cara Mengatasi Sembelit pada Anak, Perbanyak Asupan Serat hingga Pilih Susu yang Tepat

8 Cara Mengatasi Sembelit pada Anak, Perbanyak Asupan Serat hingga Pilih Susu yang Tepat

Ilustrasi. Cara mengatasi sembelit pada anak.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Berikut cara mengatsi sembelit pada anak yang dapat dilakukan diantaranya dengan memperbanyak asupan serat dan perhatikan jenis susu yang diminum.

Sebelit merupakan salah satu masalah kesehatan yang ditandai dengan kesulitan buang air besar (BAB). Kondisi ini umum terjadi pada masa pertumbuhan anak-anak.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan sembelit mulai dari, kekurangan asupan serat, efek samping dari kondisi kesehatan tertantu, alergi susu, atau kurangnya asupan air mineral.

Hal tersebut membuat feses menjadi lebih padat atau bahkan keras, sehingga usus kesulitan untuk mengelurakannya.

BACA JUGA:Konsumsi Kelapa Muda Secukupnya Jika Tidak Ingin Terkena 6 Efek Samping Ini, Salah Satunya Bikin Diare

Jika sembelit tidak segera diatasi maka beresiko tinggi akan mengakibatkan masalah kesehatan lainnya seperti usus buntu.

Oleh karenanya penting untuk mengetahui cara mengatasi sembelit sebelum kondisi kesehatan semakin parah. 

Adapun salah satu cara mengatasi sembelit pada anak yang dapat ibu lakukan adalah dengan memperbanyak asupan serat. Hal tersebut karena serat bertugas untuk meningkatkan produksi bakteri baik di dalam usus sehingga feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

Tidak hanya itu, perbanyak minum air mineral, yoghurt, mengajak anak lebih sering bergerak, pijat perut si kecil, dan terus mengingatkan anak untuk buang air besar juga termasuk cara mengatasi sembelit pada anak.

Melansir dari klikdokter.com, berikut cara mengatasi sembelit pada anak:

BACA JUGA:Herbal Mujarab Obati Diare, Ini 7 Manfaat Biji Kedawung untuk Kesehatan

1. Perbanyak Asupan Serat

Cara mengatasi sembelit pada anak yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi serat. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa serat berperan penting dalam meningkatkan bakteri baik di dalam usus, sehingga feses menjadi lebih lunak dan mudah di keluarkan.

Selain itu, serat juga mampu membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar, dengan begitu masalah sembelit dapat dihindari. Adapun asupan serat yang dapat dikonsumsi adalah buah-buahan atau sayuran hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: