dempo

6 Makanan dan Minuman Ini Wajib Dihindari saat Batuk, Apa Aja?

6 Makanan dan Minuman Ini Wajib Dihindari saat Batuk, Apa Aja?

Ilustrasi. Makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat batuk.--Sumber foto: (Doc/BETV)

Makanan yang sebaiknya dihindari ketika batuk berikutnya adalah makanan pedas. Diketahui batuk disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan seperti tenggorokan.

BACA JUGA:5 Penyebab Batuk pada Anak yang Perlu Diwaspadahi, Ada Virus hingga Paparan Polusi

Jika dikonsumsi saat batuk tenggoroakan akan terasa lebih perih dan tidak nyaman. Selain itu, zat dari cabe dapat memperparah kondisi peradangan.

3. Makanan Manis

Makanan yang sebaiknya dihindari ketika batuk selanjutnya adalah makanan manis. Hal tersebut karena gula juga dapat memperparah iritasi yang terjadi ditenggorokan.

Dengan begitu tenggorokan akan menjadi lebih gatal dan tidak nyaman ketika batuk. Jika terus dibiarkan dan makan sembarangan batuk akan lebih lama sembuh.

4. Susu dan Produk Olahannya

Selain makanan manis, susu dan produk olahannya juga sebaiknya dihindari karena juga dapat memperparah peradangan pada tenggorokan.

BACA JUGA:5 Obat Tradisional Terbuat Dari Asam Jawa, Ampuh Mengatasi Radang hingga Batuk Pilek

Hal tersebut karena produk olahan susu dapat memicu produksi lendir di tenggorokan sehingga batuk lebih susah sembuh.

5. Makanan Olahan

Makanan yang harus dihindari ketika batuk yang lainnya adalah makanan olahan. Seperti yang diketahui bahwa makanan junk food memang kurang baik untuk kesehatan.

Selain itu, ketika batuk sistem kekebalan tubuh akan menurun sehingga membutuhkan makanan yang kaya nutrisi, sedangkan junk food cenderung tidak mengandung nutrisi yang cukup untuk menunjang kesehatan.

6. Minuman Berkafein

Minuman yang sebaiknya dihindari saat batuk terakhir adalah minuman berkafein. Hal tersebut karena minuman berkafen memicu produksi dahak di tenggorokan sehingga membuat batuk makin parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: