dempo

Marak Terjadi di Musim Hujan, Ketahui Cara Atasi Penyakit Demam Berdarah Ini, Pastikan Cairan Tubuh Terpenuhi!

Marak Terjadi di Musim Hujan, Ketahui Cara Atasi Penyakit Demam Berdarah Ini, Pastikan Cairan Tubuh Terpenuhi!

Ilustrasi. cara mengatasi penyakit demam berdarah--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Cara mengatasi penyakit demam berdarah (DBD) umumnya memerlukan bantuan tenaga medis dan biasanya berfokus pada mengatasi hilangnya cairan yang diakibatkan oleh kebocoran plasma dan juga pendarahan. 

BACA JUGA:6 Cara Cegah Penyakit Demam Berdarah, Terapkan 3M hingga Lakukan Fogging

Penyakit demam berdarah (DBD) ini merupakan penyakit musiman yang sering ditemui di Indonesia dan merupakan salah satu penyakit infeksi yang biasanya akan meningkat selama musim hujan.

Kasus DBD sering ditemui pada wilayah dengan iklim tropis dan sub tropis seperti wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia, kawasan Afrika, serta Amerika Tengah dan Selatan.

BACA JUGA: Waspada Demam Berdarah! Hindari 4 Faktor Penyebab Ini, Jangan Beri Nyamuk Peluang

Meski merupakan penyakit infeksi, namun DBD tidak seperti penyakit infeksi lainnya yang terjadi secara langsung melalui satu orang ke orang lainnya, penularan penyakit DBD ini terjadi melalui perantara nyamuk aedes aegypti

Nyamuk aedes inilah yang menyebarkan virus dengue ke tubuh manusia dimana virus inilah yang menjadi penyebab DBD. Nyamuk ini memindahkan virus melalui gigitannya. 

BACA JUGA:111 Orang Terkena Demam Berdarah dalam 5 Bulan Terakhir di Kabupaten Kaur

Biasanya masa inkubasi yang terjadi di dalam tubuh manusia akibat virus ini berlangsung selama 4 hingga 10 hari sebelum menimbulkan gejala infeksi yang terlihat. 

Demam berdarah dengue yang terjadi akibat virus dengue ini dapat menyebabkan gejala yang berbeda pada tiap-tiap orang, baik gejala yang ringan maupun gejala yang berat. 

BACA JUGA:5 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Demam Berdarah, Salah Satunya Jambu Biji

Biasanya gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini seperti demam tinggi yang disertai dengan nyeri pada area otot, tulang dan juga sendi. 

Jika kamu merasakan gejala ini, kamu tidak boleh mengabaikannya terutama jika muncul gejala lain seperti sakit kepala, mual dan muntah, muncul ruam, memar, dan juga bintik merah hingga kesulitan bernapas. 

BACA JUGA:Waspada Demam Berdarah! Segera Lakukan Pencegahan dengan Cara Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: