dempo

Sejumlah Sekolah di Kota Bengkulu Minim Pendaftar, Dikbud: Sebaran Penduduk Tidak Merata

Sejumlah Sekolah di Kota Bengkulu Minim Pendaftar, Dikbud: Sebaran Penduduk Tidak Merata

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu A. Gunawan, S.Sos. menjelaskan bahwa kasus sekolah minimnya jumlah pendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 dikarenakan sebaran penduduk yang tidak merata di Kota Bengkulu.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kepala Dinas Pendidikan Kota BENGKULU A. Gunawan, S.Sos. menjelaskan bahwa kasus sekolah minimnya jumlah pendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 dikarenakan sebaran penduduk yang tidak merata di Kota BENGKULU.

"Dari pantauan kami, ada beberapa SMP di kota Bengkulu yang kekurangan pendaftar pada PPDB 2024. Hal ini disebabkab oleh sebaran penduduk yang tidak merata," kata A. Gunawan, S.Sos. Kamis 4 Juli 2024.

BACA JUGA:Hari Anak Nasional 2024: Jadilah Sebagai Pelopor dan Bukan Pengekor

A. Gunawan menambahkan, ketimpangan jumlah penduduk dan jumlah sekolah di suatu wilayah di Kota Bengkulu yang tidak merata dikarenakan pengembangan  kawasan permukiman baru yang tidak diimbangi oleh pembanguan sekolah yang baru juga. Sehingga hukum suply and demand (penawaran dan permintaan) berlaku.

"Sekolah-sekolah yang daerahnya merupakan daerah pengembangan kawasan pemukiman justru membludak pendaftaran, seperti SMP 16 di Kelurahan Betungan, lalu SDN 77 di Padang Serai sampai tidak tertampung lagi," tambahnya.

BACA JUGA:Flu Singapura di Provinsi Bengkulu Bertambah Jadi 34 Kasus, Terbanyak di Kabupaten Bengkulu Utara

Dirinya juga mengimbau agar para orang tua untuk memberikan pengertian kepada anak-anaknya. Bahwa saat ini tidak ada lagi status sekolah favorit dan semua sekolah mendapat bantuan fasilitaa yang sama.

BACA JUGA:Poros ke-4 Pilgub Bengkulu: Rosjonsyah Tetap Optimis Maju Didukung Parpol Ini

"Kami juga meminta kerja sama dari orang tua siswa agar kiranya mengarahkan anaknya ke sekolah-sekolah yang masih memungkinkan untuk diterima, dan jangan memaksakan diri ke sekolah yang sudah penuh," sambungnya.

BACA JUGA:Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu ke Kunker ke Jambi, Persiapan Pembahasan Raperda Pendidikan Pesantren

Diketahui sejumlah sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Bengkulu dilaporkan kekurangan siswa pendaftar pada PPDB 2024 seperti, SMP 6, SMP 7, SMP 12, SMP 15, SMP 21, SMP 22, dan SMP 24. (Jalu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: