dempo

Sambut Tahun Baru Islam, Ketahui 5 Keistimewaan Bulan Muharram Ini Bagi Umat Muslim

Sambut Tahun Baru Islam, Ketahui 5 Keistimewaan Bulan Muharram Ini Bagi Umat Muslim

Sambut tahun baru Islam, Ketahui 5 keistimewaan bula muharram ini bagi umat Muslim--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Keistimewaan bulan Muharram menjadi suatu hal yang perlu diketahui oleh umat Muslim karena bulan ini merupakan bulan pertama di tahun baru bagi umat Islam

BACA JUGA:Inilah Bacaan Doa Saat Sedekah, Amalan Penuh Berkah di Bulan Muharram

Bulan ini dimaknai sebagai Tahun Baru Islam atau Tahu Barun Hijriah dan menjadi salah satu bulan yang mulia selain bulan Dzulqaidah, bulan Dzulhijjah, dan bulan Rajab. 

Hal ini lantaran bulan Muharram merupakan bulan yang berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada 633 Masehi lalu yang menjadi awal mula ditetapkannya 1 Muharram. 

BACA JUGA:Warga Panca Mukti Lestarikan Tradisi Syukuran 10 Muharram

Di bulan ini, terdapat hari istimewa yaitu hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram dengan berbagai keistimewaan di dalamnya. 

Kemuliaan bulan Muharram ini tercantum di dalam Al-Qur'an Surat At-Taubah ayat 36 yang berbunyi :

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةًۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ ۝٣٦

BACA JUGA:Manfaat Puasa Asyura, Ibadah Sunnah yang Bisa Hapus Dosa Setahun yang Lalu

inna ‘iddatasy-syuhûri ‘indallâhitsnâ ‘asyara syahran fî kitâbillâhi yauma khalaqas-samâwâti wal-ardla min-hâ arba‘atun ḫurum, dzâlikad-dînul-qayyimu fa lâ tadhlimû fîhinna anfusakum wa qâtilul-musyrikîna kâffatang kamâ yuqâtilûnakum kâffah, wa‘lamû annallâha ma‘al-muttaqîn

Artinya:

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Janganlah kamu menganiaya dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa," (QS. At-Taubah :36).

BACA JUGA:Jadwal Puasa Asyura 2023, Beserta Niat dan Keutamaannya

Ayat di atas menunjukkan jika bulan Muharram merupakan bulan yang disucikan oleh Allah SWT. Adapun beberapa keistimewaan bulan Muharram ini di antaranya adalah sebagai berikut. 

Keistimewaan Bulan Muharram

1. Merupakan Bulan Allah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: