dempo

Puasa Asyura Muharram 2024 : Jadwal, Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya

Puasa Asyura Muharram 2024 : Jadwal, Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya

Puasa asyura Muharram 2024 : Jadwal, niat, tata cara dan keutamaannya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Menjelang bulan Muharram, banyak umat Muslim mencari kembali jadwal dan niat puasa Asyura yang merupakan puasa sunnah di bulan Muharram ini. 

BACA JUGA:Manfaat Puasa Asyura, Ibadah Sunnah yang Bisa Hapus Dosa Setahun yang Lalu

Bulan Muharram sendiri merupakan satu dari empat bulan mulia atau dikenal dengan sebutan asyhurul hurum yang memiliki banyak keutamaan sehingga umat Islam dianjurkan untuk berpuasa di bulan ini. 

Bahkan seperti yang dilansir dari laman NU Online, diketahui jika puasa sunnah di bulan Muharram ini memiliki pahala yang besar. 

BACA JUGA:Jadwal Puasa Asyura 2023, Beserta Niat dan Keutamaannya

Rasulullah SAW bahkan menyebutkan jika puasa di bulan Muharram ini merupakan puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadhan. 

Bulan ini dimaknai sebagai Tahun Baru Islam atau Tahu Barun Hijriyah dan menjadi salah satu bulan yang mulia selain bulan Dzulqaidah, bulan Dzulhijjah, dan bulan Rajab. 

BACA JUGA:Sejarah 1 Muharram yang Jadi Awal Mula Penetapan Kalender Islam, Simak Peristiwa Penting Dibaliknya

Hal ini lantaran bulan Muharram merupakan bulan yang berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada 633 Masehi lalu yang menjadi awal mula ditetapkannya 1 Muharram. 

Di bulan ini, terdapat hari istimewa yaitu hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram dengan berbagai keistimewaan di dalamnya. 

BACA JUGA:Sambut Tahun Baru Islam, Ketahui 5 Keistimewaan Bulan Muharram Ini Bagi Umat Muslim

Lantas kapan jadwal puasa asyura ini dan seperti apa niat puasa serta keutamaannya? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

JadwaL, Niat, Tata Cara dan Keutamaan Puasa Asyura 2024

1. Jadwal Puasa Asyura

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: