KPU

5 Tahap Gejala Demensia, Kenali Segera Sebelum Terlambat

5 Tahap Gejala Demensia, Kenali Segera Sebelum Terlambat

5 tahap gejala demensia, kenali segera sebelum terlambat--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat beberapa gejala penyakit demensia yang umumnya mudah dikenali namun di saat bersamaan seringkali diabaikan dan dianggap sepele. 

BACA JUGA:Kenali Penyebab dan Faktor Resiko Demensia Ini, Bisakah Terjadi di Usia Muda?

Padahal penting untuk mengenali gejala ini sejak tahap awal sebelum kondisi menjadi semakin buruk dan demensia tidak bisa lagi untuk diobati. 

Demensia merupakan sekumpulan gejala yang mempengaruhi fungsi kognitif otak dalam mengingat, berpikir, bertingkah laku, dan juga berbicara (berbahasa). 

BACA JUGA:Mengenal Demensia, Gangguan Otak yang Kerap Dialami Kelompok Lanjut Usia, Ini Jenisnya

Demensia atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan penyakit pikun ini sayangnya seringkali dianggap remeh lantaran mayoritas diidap oleh mereka yang berusia di atas 65 tahun. 

Namun bukan tidak mungkin jika penyakit demensia ini juga dapat dialami oleh orang yang lebih muda dari usia tersebut. 

BACA JUGA:Bukan Sembarang Kacang, Ini 7 Manfaat Almond untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Demensia

Meski seringkali dianggap sama, perlu diingat jika demensia berbeda dengan pikun. Pikun sendiri merupakan perubahan kemampuan berpikir dan mengingat yang biasanya dialami oleh seseorang seiring bertambahnya usia. 

Perubahan yang terjadi ini bisa mempengaruhi daya ingat, namun tidak begitu signifikan serta tidak menyebabkan seseorang bergantung pada orang lain. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Demensia

Mereka yang mengalami demensia biasanya memiliki kemampuan penurunan pada fungsi otak untuk melakukan fungsi dasar seperti dalam kemampaun berpikir, mengingat, berkomunikasi, dan juga dalam membuat keputusan. 

Demensia ini juga biasanya terjadi secara bertahap sehingga seseorang tidak akan langsung dinyatakan mengidap demensia namun ia akan melewati beberapa tahapan penurunan kemampuan kognitif tersebut secara berkala. 

BACA JUGA:RSKJ Soeprapto Bengkulu Edukasi Pencegahan Demensia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: