dempo

8 Cara Mengatasi Batuk pada Anak, Oleskan Balsam Salah Satunya, Cek yang Lain di Sini

8 Cara Mengatasi Batuk pada Anak, Oleskan Balsam Salah Satunya, Cek yang Lain di Sini

Ilustrasi. Cara mencegah batuk pada anak.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Mengoleskan balsam kepada anak saat sedang batuk menjadi salah satu cara mengatasinya yang patut dicoba, simak penjelasan selengkapnya di sini.

Batuk merupakan respon alami tubuh terhadap gangguan atau benda asing yang terperangkap di dalam tenggorokan. Biasanya batuk disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau polusi.

Seperti yang diketahui bahwa pada masa pertumbuhannya, anak belum memiliki sistem imun yang begitu kuat sehingga rentan terserang berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti batuk.

BACA JUGA:6 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Dihindari saat Radang Tenggorokan, Keripik Salah Satunya

Diketahui saat batuk anak akan mengalami demam, nyeri dada, dan flu. Oleh karena itu, ibu harus tahu cara mengatasinya agar tidak semakin parah dan anak dapat pulih kembali.

Dikatakan salah satu cara mengatasi batuk pada anak adalah dengan mengoleskan balsam pada area dada dan tenggorokan. Hal tersebut agar pernapasan anak menjadi lancar dan mengurangi nyeri dada saat batuk.

Selain itu, mendorong anak minum air atau ASI, memberikan sup, madu, mencuci hidung, dan memberi obat juga cara yang dapat dicoba untuk mengatasi batuk pada anak.

Melansir dari alodoktor.com, berikut cara mengatasi batuk pada anak agar cepat sembuh:

BACA JUGA:10 Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan, Sup Ayam hingga Bawang Putih

1. Memberikan ASI atau air secara rutin

Cara mengatasi batuk paada anak agar cepat sembuh yang pertama adalah dengan mendorong anak untuk lebih banyak minum air mineral atau susu bagi bayi.

Hal ini dilakukan untuk membunuh bakteri yang ada di tenggorokan tidak gatal atau sakit lagi dan menjadi lebih nyaman.

Selain itu, asupan air sangat penting bagi tubuh agar anak tidak mengalami dihidrasi. Biasanya ketika batuk anak akan mengalami demam yang mengakibatkan badan lebih lemas, dengan minum cukup air kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh tetap terpenuhi.

BACA JUGA:Sakit Menelan hingga Demam, Ini 5 Ciri-ciri Radang Tenggorokan yang Perlu Diwaspadahi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: