dempo

8 Manfaat Bunga Rosela untuk Kesehatan, Menurunkan Tekanan Darah Salah Satunya

8 Manfaat Bunga Rosela untuk Kesehatan, Menurunkan Tekanan Darah Salah Satunya

Ilustrasi. 8 Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan--(Sumber Foto: Doc/BETV)

1. Menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat bunga rosella untuk kesehatan ialah dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi rosela secara rutin selama 2–6 minggu dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi ringan.

Sebuah penelitian selanjutnya bahkan menunjukkan bahwa mengonsumsi rosella lebih efektif dalam menurunkan tekanan darah daripada mengonsumsi beberapa jenis obat yang sering diresepkan untuk penderita hipertensi ringan hingga sedang.

BACA JUGA:Dapat Mencerahkan Kulit Wajah, Cukup Manfaatkan Buah Salak Ini, Cek Khasiat Lainnya

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan tingkat keamanan dalam mengonsumsi bunga rosella untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

2. Mengatasi kolesterol tinggi

Manfaat bunga rosella untuk kesehatan yang kedua ialah dapat mengatasi kolesterol tinggi di dalam tubuh. Hal ini lantaran bunga rosella mengandung vitamin C.

BACA JUGA:Obati Insomnia hingga Maag, Ini Ragam Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan vitamin C bunga rosella dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi rosela, kadar kolesterol pun bisa dikurangi.

3. Menjaga kadar gula darah

Konsumsi rosella juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Manfaat ini membuat rosella baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes tipe 2.

BACA JUGA:6 Manfaat Sirsak untuk Kesehatan, Buah Ajaib Penstabil Tekanan Darah, Cek Kandungannya

Selain itu, bunga rosella mengandung indeks glikemik rendah, sangat cocok dikonsumsi sedari dini untuk mencegah penyakit diabetes.

4. Mencegah serangan jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: