dempo

Dikenal Sebagai Obat Mujarab, Ini 6 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Dikenal Sebagai Obat Mujarab, Ini 6 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Dikenal sebagai obat mujarab, ini 6 manfaat daun binahong untuk kesehatan--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Daun binahong seringkali digunakan sebagai pertolongan pertama pada luka di lingkungan masyarakat. Hal ini karena kandungan minyak atsiri dan juga asam askorbat yang ada di dalam daun binahong dapat membantu menyembuhkan luka. 

BACA JUGA:6 Manfaat Bunga Kembang Sepatu untuk Rambut, Herbal Mujarab Cegah Kebotakan

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menumbuk daun hingga halus dan oleskan pada area yang terluka sehingga senyawa di dalam kandungan ini akan mulai menyembuhkan luka. 

Tidak hanya untuk luka biasa, daun bianhong juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka bakar hingga luka bekas operasi berkat kandungan flavonoid, sapponin, dan juga tanin yang ada di dalamnya. 

BACA JUGA:Punya Nyeri Sendi? Coba Atasi dengan Minuman Herbal Penurun Asam Urat Ini

Saponin sendiri dapat berperan sebagai antiseptik sehingga dapat mencegah infeksi bakteri yang menghambat penyembuhan luka. Selain itu, senyawa ini juga dapat mempercepat pembentukan kolagen. 

Kandungan flavonoid yang ada di dalamnya juga dapat mengurangi peradangan sementara kandungan tanin dapat menghentikan pendarahan ringan sehingga luka menjadi lebih cepat tertutup. 

BACA JUGA:Cara Mudah Membuat Air Rebusan Kunyit, Minuman Herbal yang Dapat Mengatasi Asam Urat

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat selalu menjadi masalah kulit yang sangat mengganggu sehingga banyak yang berusaha untuk mengatasinya. Dan daun binahong ini dapat membantu mengatasi masalah ini. 

Manfaat yang satu ini dapat diperoleh karena kandungan senyawa saponn di dalamnya yang bersifat antibakteri sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. 

BACA JUGA:Herbal Mujarab Turunkan Hipertensi, Ini 10 Manfaat Kesehatan Buah Mengkudu yang Sayang Dilewatkan

3. Mencegah Serangan Jantung

Daun binahong juga dapat bermanfaat untuk mencegah serangan jantung yang terjadi akibat kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah. 

Mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi memiliki resiko lebih tinggi mengalami pengendapan lemak di dalam pembuluh darah yang dapat menghambat peredarah darah serta membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: