dempo

Makan Buah Pisang Secukupnnya Jika Tidak Ingin Terkena 5 Efek Samping Ini, Nomor 1 Paling Berbahaya

Makan Buah Pisang Secukupnnya Jika Tidak Ingin Terkena 5 Efek Samping Ini, Nomor 1 Paling Berbahaya

Ilustrasi. Efek samping terlalu banyak mengonsumsi buah pisang untuk kesehatan--(Sumber Foto : Doc/BETV)

Efek samping pertama yang dapat terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsi buah pisang adalah dapat menyebabkan hiperkalemia, yaitu sebuah kondisi saat kadar kalium di dalam darah melebihi batas normal. 

BACA JUGA:5 Efek Samping Ini Akan Intai Tubuhmu Jika Makan Buah Pisang Berlebihan, Nomor 1 Paling Berbahaya

Jika sampai terjadi, kondisi ini dapat merusak fungsi saraf dan otot sehingga dapat memicu aritmia atau gangguan irama jantung. 

Bukan hanya itu, hiperkalemia ini jika tidak segera ditangai dapat menyebabkan masalah serius seperti hentik jantung, kelumpuhan, hingga dapat menyebabkan kematian. 

BACA JUGA:Inilah 9 Jenis Buah Pisang Nusantara, Ada Pisang Ambon hingga Pisan Uli

2. Menambah Berat Badan

Buah pisang sejatinya baik untuk diet karena dapat memangkas berat badan berkat kandungan serat yang bisa membantu tubuh untuk merasa lebih kenyang sehingga nafsu makan terkontrol. 

Namun jika dikonsumsi berlebihan maka buah ini justru dapat menambah berat badan karena buah ini mengandung banyak karbohidrat dan juga kalori. Kandungan gulanya juga tinggi sehingga dapat menambah lingkar pinggang. 

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Pisang untuk Kecantikan, Ampuh Obati Jerawat yang Meradang

3. Gula Darah Naik

Selain menambah berat badan, mengonsumsi buah pisang berlebihdan juga dapat membuat gula darah di dalam tubuh meningkat terutama pada penderita diabetes. 

Hal ini lantaran buah pisang yang terlalu matang mengandung indeks glikemik (GI) sedang dengan nagka mencapai 62 sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat membuat gula darah melonjak. 

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Energi hingga Ampuh Cegah Sembelit

4. Gigi Rusak 

Mengonsumsi buah pisang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi karena buah ini merupakan buah dengan cita rasa manis dan mengandung gula cukup tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: