dempo

Kurang Asupan Zat Besi Sebabkan Ibu Hamil Alami Anemia, Cek 7 Penyebab Lainnya di Sini

Kurang Asupan Zat Besi Sebabkan Ibu Hamil Alami Anemia, Cek 7 Penyebab Lainnya di Sini

Ilustrasi. Penyebab anemia pada ibu hamil.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Kurangnya asupan zat besi selama hamil menjadi salah satu penyebab anemia pada ibu hamil, simak penjelasannya di sini.

Anemia merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah di dalam tubuh. Kondisi tersebut mengakibatkan seluruh organ tubuh tidak mendapatkan suplai darah yang cukup untuk menjalankan tugasnya.

Akibatnya tubuh terasa lemas, kulit terlihat pucat, sakit kepala, sesak, jantung berdebar, bahkan bisa membuat ibu hamil pingsan.

BACA JUGA:Ampuh Jaga Kesehatan Mata, Ini 6 Manfaat Buah Kedondong yang Jarang Diketahui

Salah satu penyebab anemia ibu hamil kekurangan sel darah merah adalah asupan zat besi selama masa kehamilan tidak tercukupi.

Zat besi bertugas untuk memproduksi sel darah merah agar suplai darah ke seluruh organ tercukupi, namun jika selama masa kehamilan ibu kurang mengkonsumsi zat besi maka produksi sel darah merah ikut berkurang.

Tidak hanya itu, kurangnya asupan vitamin B12, folat, masalah ginjal, dan kanker juga dapat menyebabkan anemia pada masa kehamilan.

Melansir dari kompas.com, berikut penyebab anemia pada ibu hamil yang perlu diketahui:

BACA JUGA:Sering Dijadikan Bahan Masakan, Ternyata Ini 7 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

1. Kurang asupan vitamin B12 

Penyebab anemia pada ibu hamil yang pertama adalah kurangnya asupan vitamin B12 selama masa kehamilan. Seperti yang disampaikan sebelumnya bahawa vitamin B12 bertugas untuk membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Maka jika asupan vitamin tersebut tidak maksimal atau kurang tentu saja pembentukan sel darah merah dalam tubuh tidak optimal, kondisi inilah yang menyebabkan ibu hamil merasa kelelahan dan bahkan pusing.

Tidak hanya itu, sel darah merah sangat penting bagi ibu hamil karena diperlukan untuk mendukung pembentukan sel darah merah pada janin yang dikandung.

Adapun makanan yang mengandung sel darah merah adalah daging sapi, tuna, salmon, bayam, telur, pisang, dan hati hewan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: