dempo

6 Manfaat Daun Kecubung untuk Kesehatan, Dipercaya Ampuh Mengatasi Gangguan Pencernaan

6 Manfaat Daun Kecubung untuk Kesehatan, Dipercaya Ampuh Mengatasi Gangguan Pencernaan

Ilustrasi. Manfaat daun kecubung untuk kesehatan, dipercaya ampuh mengatasi gangguan pencernaan.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Meskipun daun ini memiliki rasa yang pahit, namun diketahui juga bisa mengatasi masalah kesehatan seperti flu. Hal ini berkat kandungan yang ada di dalamnya.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ini 8 Khasiat Air Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan, Bisa Cegah Osteoporosis

Bukan hanya pahit, daun ini juga puya efek pedas inilah kenapa tanaman ini dipercaya dapat mengatasi flu.

3. Memiliki sifat antiinflamasi

Daun kecubung mempunyai manfaat bagi kesehatan dengan sifat antiinflamasinya. Tidak sedikit orang mengalami peradangan, dengan memanfaatkan daunnya bisa mengurangi radang tersebut.

BACA JUGA:Kenali 7 Efek Samping Daun Ketumbar Ini Bagi Kesehatan, Picu Alergi Hingga Gangguan Pencernaan

Sifat antiinflamasi ini meliputi senyawa aktif seperti flavonoid, alkaloid, dan saponin. Senyawa inilah yang berperan dapat menghambat roduksi sitokin proinflamasi yang bisa mengurangi peradangan.

4. Mengurangi rasa sakit

Daun kecubung dapat juga dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit. Hal ini berkat adanya efek analgesik, menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa daun ini bisa mengurangi respons terhadap nyeri.

BACA JUGA:6 Kegunaan Daun Kedondong yang Jarang Diketahui, Kurangi Infeksi Mulut Salah Satunya

Penelitian tersebut pernah dilakukan pada tikus, sehingga masih perlu diteliti lebih lanjut. Selain itu, daun ini bisa menghambat enzim siklooksigenase yakni enzim yang ada kaitannya dengan sintesis prostaglandin (zat yang berfungsi dalam proses peradangan).

5. Mengobati asma

Manfaat lainnya, daun ini bisa mengobati asma. Dengan kandungan yang ada di dalamnya yakni atropin dan skopolamin yang bisa menenangkan otot-otot di paru-paru.

BACA JUGA:5 Efek Samping Konsumsi Daun Binahong yang Perlu Kamu Waspadai, Perhatikan Dosisnya!

Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga bisa membantu penderita asma dengan membuat saluran napas lebih nyaman. Hal inilah yang membuat penderia bisa meredakan sesak napas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: