dempo

Tekanan Darah Tinggi Dapat Sebabkan Stroke, Cek 8 Penyebab Lain di Sini

Tekanan Darah Tinggi Dapat Sebabkan Stroke, Cek 8 Penyebab Lain di Sini

Ilustrasi. Penyebab stroke yang harus diwaspadahi.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BACA JUGA:5 Manfaat Minyak Almond untuk Kesehatan, Baik untuk Kesehatan Jantung

5. Obesitas

Selain genetik, obesitas juga termasuk penyakit yang dapat menyebabkan stroke. Hal tersebut karena obesitas menyebabkan penumpukan lemak yang dapat menghambat aliran darah, sehingg mendesak jantung untuk memompa terlalu kuat, akibatnya tekanan darah dapat naik secara tiba-tiba.

Kenaikan tekanan darah inilah yang dapat merusak pembuluh darah otak. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa kerusakan pembuluh darah menyebabkan organ tubuh tidak dapat bertugas sebagaimana mestinya.

6. Kolesterol Tinggi yang Tak Terkontrol

Penyakit yang dapat menyebabkan stroke berikutnya adalah koleterol tinggi. Diketahui bahwa ketika kadar kolesterol di dalam darah terlalu tinggi maka pembuluh darah akan menyempit.

BACA JUGA:7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan, Ampuh Kontrol Gula Darah hingga Turunkan Berat Badan

Akibatnya, darah tidak dapat mengalir sempurnah ke semua oragan tubuh, kondisi inilah yang mengakibatkan kelumpuhan atau stroke.

7. Mengidap Diabetes

Penyakit yang dapat menyebabkan stroke selanjutnya adalah diabetes. Dikatakan bahwa seseorang dengan riwayat diabetes cenderung kerap mengalami hipertensi atau darah tinggi dan obesitas.

Oleh karenanya, penyakit ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan atau stroke karena pembuluh darah rusak akibat kenaikan tekanan darah terlalu tinggi.

BACA JUGA:Cakap Redakan Gangguan Pernapasan, Pare Tawarkan 10 Manfaat Ini untuk Kesehatan

8. Usia

Penyebab stroke yang terakhir adalah usia. Hal tersebut karena dengan bertambahnya usia resiko seseorang mengalami komplikasi penyakit semakin tinggi, sehingga resiko terkena stroke ikut meningkat.

Menurut penelitan seseorang dengan usia lebih dari 55 tahun paling rentan terkena stroke. Demikian informasi penyakit yang dapat menyababkan stroke, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: