dempo

Sering Pusing Saat Berdiri Tiba-tiba? Bisa Jadi Tanda Anemia, Cek Gejala Lainnya

 Sering Pusing Saat Berdiri Tiba-tiba? Bisa Jadi Tanda Anemia, Cek Gejala Lainnya

Sering pusing saat berdiri tiba-tiba? Bisa jadi tanda anemia, cek gejala lainnya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Untuk itu, berikut telah BETV rangkum informasi mengenai gejala penyakit anemia yang dapat kamu simak dalam artikel ini. 

Gejala Penyakit Anemuia

1. Kelelahan

Gejala pertama yang muncul saat tubuh kekurangan darah adalah kelelahan. Kelelahan yang terjadi akibat anemia ini biasanya sedikit berbeda dibandingkan dnegan kelelahan biasa. 

BACA JUGA:Lesu Selama Masa Kehamilan, Ini 9 Gejala Anemia pada Ibu Hamil yang Harus Diwaspadahi

Biasanya kelelahan atau kecapekan ini terjadi lantaran tubub kekurangan kadar hemoglobin yang merupakan protein khusus untuk mengingat okdigen dan mengangkutnya ke seluruh tubuh melalui sel darah merah. 

Jika tubuh kekurangan heboglobin, maka semual sel dan jaringan tubuh akan kekurangan oksigen sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan sel darah merah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kamu jadi merasa cepat lelah. 

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil, Makan Makanan Tinggi Zat Besi Salah Satunya

2. Kulit Pucat

Tanda anemia yang berikutnya adalah kulit puca. Hal ini lantaran selain berperan sebagai pengikat oksigen, hemoglobin juga pemberi warna merah pada darah. 

Jaringan kulit manusia memiliki banyak pembuluh darah kecil sehingga tona kulit sedikit banyaknya akan dipengaruhi oleh sirkulasi darah yang lancar sehingga kadar hemoglobin yang rendah dapat menyebabkan kulit pucat. 

BACA JUGA:5 Manfaat Konsumsi Tempe yang Jarang Diketahui, Ampuh Mencegah Anemia

Biasanya warna kulit pucat yang terjadi akibat gejala kurang darah ini dapat terlihat pada seluruh tubuh atau justru pada bagia tertentu saja. 

Umumnya area yang tampak lebuh pucat adalah wajah, gusi, bagian dalam bibir, kelopak mata bagian bawah, dan juga pada punggung kuku. Mereka yang memiliki kondisi ini biasanya sudah mengalami gejala anemia sedang hingga berat. 

BACA JUGA:Ampuh Cegah Anemia, Buah Bengkoang Tawarkan 9 Manfaat Kesehatan Ini untuk Tubuh, Cek Sekarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: