dempo

Ini 6 Bahaya Anemia Jika Tidak Segera Diobati, Bisa Sangat Fatal!

Ini 6 Bahaya Anemia Jika Tidak Segera Diobati, Bisa Sangat Fatal!

Ini 6 bahaya anemia jika tidak segera diobati, bisa sangat fatal!--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Lantas apa saja bahaya penyakit anemia ini? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

Bahaya Penyakit Anemia

1. Gangguan Pendengaran

Penyakit anemia jika tidak diobati dapat menyebabkan gangguan pendengaran sebagai akibat dari anemia defisiensi zat besi. Bahkan resiko ini 2,5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak anemia. 

BACA JUGA:Alami Anemia saat Hamil? Yuk Atasi dengan Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini, Cek Sekarang

Bahaya anemia yang mengganggu pendengaran ini adalah sensorineural atau hilangnya pendengaran yang dianggap permanen. Kekurangan zat besi di dalam tubuh ini dapat mengganggu bahkan membunuh sel telinga sehat, 

Kondisi ini dapat meningkatkan resiko gangguan pendengaran terutama jika kematian sel ini terjadi pada sel-sel rambut yang ada di telinga bagian dalam. 

BACA JUGA:Lesu Selama Masa Kehamilan, Ini 9 Gejala Anemia pada Ibu Hamil yang Harus Diwaspadahi

2. Gangguan Kehamilan

Bahaya anemia selanjutnya adalah dapat menyebabkan gangguan kehamilan lantaran biasanya ibu hamil mengalami peningkatan volume darah sekitar 20-30. 

Oleh sebab itu, pasukan zat besi dan vitamin untuk memperoduksi hemoglobin pun ikut bertambah agar hemoglobin dapat membawa sel darah merah peenuh oksigen ke sel lain di dalam tubuh. 

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil, Makan Makanan Tinggi Zat Besi Salah Satunya

Jika kamu mengalami kekurangan zat besi sejak sebelum masa kehamilan, maka hal ini dapat sangat berbahaya dan jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan ibu mengalami anemia saat hamil. 

Jika anemia terjadi di masa kehamilan, kondisi ini dapat meningkatkan resiko kematian ibu, bayi lahir dengan berat badan rendah, infeksi terhadap ibu dan janin, keguguram atau bayi lahir prematur. 

BACA JUGA:5 Manfaat Konsumsi Tempe yang Jarang Diketahui, Ampuh Mencegah Anemia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: