dempo

Kamu Punya Penyakit Anemia? Segera Atasi dengan 5 Cara Ini

Kamu Punya Penyakit Anemia? Segera Atasi dengan 5 Cara Ini

Kamu punya penyakit anemia? Segera atasi dengan 5 cara ini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Untuk memenuhi asupan vitamin B12 ini, kamu dapat mengonsumsi berbagai makanan seperti daging, hati ayam, ikan, tiram, kerang, susu, keju, dan telur.

Sementara untuk memenuhi asupan asam folat, kamu dapat mengonsumsi susu dan juga sayuran hijau seperti bayam. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memenuhi asupan keduanya dengan mendapatkan suntikan vitamin B12 atau suplemen. 

BACA JUGA:5 Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil, Makan Makanan Tinggi Zat Besi Salah Satunya

3. Transfusi Darah

Cara lainya yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit anemia ini adalah dengan melakukan transfusi darah dengan mendapatkan donor darah dari orang lain.

Transfusi ini dilakukan melalui jalur intravena di salah satu pembuluh darah dan biasanya dilakukan untuk mengatasi anemia aplastik, thalassemia, dan anemia hemolitik lainnya. 

BACA JUGA:5 Manfaat Konsumsi Tempe yang Jarang Diketahui, Ampuh Mencegah Anemia

Biasanya transfusi darah ini dapat membantu meningkatkan kadar sel darah merah di dalam tubuh penderita dan memerlukan pecocokan yang cermat antara darah yang disumbangkan dan darah penerima. 

4. Transplantrasi Sumsum Tulang Belakang

Biasanya pengobatan yang satu ini dilakukan jika penderita anemia aplastik telah parah dimana sumsum tulang tidak dapat membentuk sel darah yang sehat. 

BACA JUGA:Ampuh Cegah Anemia, Buah Bengkoang Tawarkan 9 Manfaat Kesehatan Ini untuk Tubuh, Cek Sekarang

Bukan hanya itu, transplantasi ini juga biasanya hanya dilakukan pda penderita anemia yang masih berusia muda dimana ahli bedah akan memasukkan sel induk dari donor ke dalam aliran darah. 

Setelah dimasukkan, sel induk tersebut akan melakukan perjalanan ke suumsum tulang dan membentuk sel darah baru. Cara ini merupakan cara yang efektif untuk mengobati penyakit anemia. 

BACA JUGA:6 Makanan Pencegah Anemia untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Daging Merah

Dengan melakukan transplantasi ini, penderita anemia dapat terbebas dari transfusi darah dan ketergantungan mengonsumsi obat penambah darah seumur hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: