7 Ciri Ini Tunjukkan Jika Kuku Tidak Sehat, Salah Satunya Perubahan Warna Kuku

7 Ciri Ini Tunjukkan Jika Kuku Tidak Sehat, Salah Satunya Perubahan Warna Kuku

Ilustrasi. 7 ciri ini tunjukkan jika kuku tidak sehat, salah satunya perubahan warna kuku--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BACA JUGA:Puluhan Pelajar Bentuk Formasi 79 di Monumen Fatmawati dalam Kirab Bendera Merah Putih

BACA JUGA:Saling Sindir di Media Sosial, Seorang Wanita di Kaur Tega Aniaya Teman Sendiri

3. Adanya Pembengkakan di Sekitar Kuku


--(Sumber Foto: iStockPhoto)

Ciri kuku tidak sehat berikutnya adalah adanya pembengkakan kulit di sekitar kuku akibat adanya peradangan pada jaringan di sekitar kuku. 

Kondisi ini bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri yang masuk melalui luka kecil atau bahkan potongan kuku yang tidak rata. 

Kondisi ini juga dapat terjadi akibat infeksi jamur yang mempengaruhi jaringan yang ada di sekitar kuku dan membuatnya menjadi meradang. 

Bukan hanya itu, pembengkakan ini juga dapat terjadi akibat adanya trauma akibat cedera kuku hingga beberapa kondisi medis lain seperti misalnya psoriasis atau dermatitis. 

BACA JUGA:BBM Jenis Pertalite dan Biosolar Langka, Harga Pertamax Wilayah Bengkulu Naik Jadi Rp14.300 per Liter

BACA JUGA:7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Mampu Memelihara Fungsi Otak hingga Menurunkan Kadar Kolesterol

4. Perubahan Bentuk Kuku

Kuku yang tidak sehat juga dapat mengalami perubahan yang drastis dimana hal ini bisa menjadi ciri dari penyakit tertentu seperti anemia atau bahkan penyakit jantung. 

Masih melansir dari laman yang sama, terdapat beberapa perubahan bentuk kuku yang dapat terjadi dan tentunya disebabkan oleh penyebab yang berbeda. Berikut ulasannya:

  • Kuku Cekung (Curling atau Spooning), kuku ini memiliki ciri berbentuk seperti sendok dengan ujung yang melengkung ke atas dan tepi yang lebih rendah. Biasanya penyakit kuku ini disebabkan oleh adanya kekurangan nutrisi, terutama zat besi, asam folat, anemia, atau psoriasis.

BACA JUGA:Begini Cara Mengatasi Asam Urat, Salah Satunya dengan Mengonsumsi Air Rebusan Sereh

BACA JUGA:Atasi Bibir Hitam dengan 5 Rekomendasi Lip Care Ini, Ada Vaseline hingga Emina

  • Kuku Cembung (Convex atau Pincer Nails), hal ini merupakan suatu kondisi dimana kuku melengkung ke dalam, menciptakan bentuk yang mirip cincin atau klip. Kuku cembung bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk tekanan kronis pada kuku, kelainan kuku bawaan, atau bahkan gangguan kesehatan seperti psoriasis atau scleroderma.
  • Kuku Bergelombang (Rippled Nails), seperti namanya, kuku bergelombang ini memiliki permukaan yang bergelombang atau tidak rata. Umumnya, kuku bergelombang bisa menjadi tanda penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, atau kondisi medis lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: