Dinkes Kota Bengkulu Catat 9 Penambahan Kasus HIV Baru di Awal September 2024

Dinkes Kota Bengkulu Catat 9 Penambahan Kasus HIV Baru di Awal September 2024

Kepala Dinkes Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota BENGKULU mencatat penambahan 9 orang yang dinyatakan positif Human Immunodeficiency Virus (HIV)  per tanggal 12 September 2024.

Kepala Dinkes Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani menjelaskan, bila ditambahkan dengan jumlah penderita HIV di Kota Bengkulu pada bulan Agusuts 2024 yang berjumlah 93 orang maka, total jumlah keseluruhan saat ini hingga 12 September berjumlah 102 orang. 

BACA JUGA:Amar Putusan Belum Siap, Sidang Putusan Kakek Cabuli Cucu Kandung di Bengkulu Ditunda

Sementara dari catatan Dinkes Kota Bengkulu, di tahun 2023 sendiri total ada 159 kasus HIV.

"Di bulan Agustus 2024 ada 93 kasus. Lalu hingga tanggal 12 September ini kita ada 9 penambahan kasus penderita HIV yang terdata olen Dinkes Kota Bengkulu, sehingga total saat ini sudah 102 orang yang telah terjangkit," kata Joni Haryadi Thabrani.

BACA JUGA:Ciptakan Kondisi Pilkada Aman dan Sejuk, Sat Brimob Polda Bengkulu Gencar Lakukan 'Cooling System'

Tambah Joni, pihaknya mengimbau agar masyarakat menghindari perilaku-perilaku negatif, karena penularan dan penyebaran HIV erat kaitannya dengan seks bebas dan penyalahgunaan narkoba.

Terlebih, saat ini HIV menjadi momok yang menakutkan karena penyakit tersebut belum ditemukan obatnya.

BACA JUGA:Berkas Lengkap, Tersangka Korupsi Dana BOS SMPN 17 Bengkulu Segera Disidangkan

"HIV ini menyerang sistem kekebalan tubuh sementara untuk obat HIV pastinya belum ditemukan, pengobatan HIV/AIDS yang ada saat ini umumnya ditangani dengan penggunaan beberapa obat antiretroviral untuk mengendalikan infeksi HIV," tambahnya.

BACA JUGA:14 Formasi CPNS di Pemprov Bengkulu Kosong Pelamar, Ini Daftarnya

Sebagai informasi, Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah suatu virus patogen yang dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh seseorang.

Sedangkan AIDS (Acquired Immuno-Deficiency Syndrome) merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh sangat lemah akibat infeksi HIV.

(Jalu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: